Mobil Avanza Tertimpa Pohon Tumbang

78

RADARJEMBER.ID – Hujan deras disertai angin kencang menyebabkan pohon jenis akasia ukuran besar di Jalan Karimata, Kelurahan/ Kecamatan Sumbersari, tumbang Rabu sore (5/12/2018). Pohon berdiameter 50 sentimeter itu menimpa mobil Toyota Avanza Nopol L 1463 CE dari arah selatan. Akibat tertimpa pohon, mobil mengalami rusak cukup parah di bagian mesinnya.

Beruntung dalam kejadian tersebut tidak membawa korban jiwa. Hanya saja, sopir yang belum diketahui identitasnya itu hanya mengalami luka robek di bagian hidungnya. Warga yang mengetahui ada mobil tertimpa pohon, langsung memberikan pertolongan dan membawa sopir ke puskesmas terdekat.

RUSAK:Mobil Avanza yang tertimpa pghon tumbang.

Akibat tumbangnya pohon ukuran besar, tepatnya di depan Cafe Rasha jalan Karimata tersebut, jalan menjadi macet total. Karena pohon yang tumbang roboh ke jalan. Untuk kendaraan roda empat tidak bisa melintas. Sementara, pengendara sepeda motor masih bisa dengan naik melewati trotoar secara bergantian.

“Kejadiannya tadi sekitar pukul dua siang. Dan memang tadi hujan lebat disertai angin kencang,” ujar Awan Hansyah, wrga sekitar saat dikonfirmasi sejumlah media. Awan menyampaikan, pohon besar yang tumbang tersebut, di bagian bawahnya selalu dijadikan tempat bakar sampah. Sehingga, menurut dia, batang pohon bagian bawahnya kurang kuat. “Jadi saat hujan deras apalagi disertai angin kencang, kurang kuat,” katanya. Dijelaskan, bagian batang pohon atasnya juga menimpa kabel listrik dan kabel telepon, sehingga perlu dilakukan upaya perbaikan aliran listrik.

Kepala BPBD Jember Ir Rasid Zakaria kepada wartawan Jawa Pos radarjember.id membenarkan telah terjadi pohon tumbang akibat angin kencang. Sementara pohon yang tumbang itu di bagian bawahnya ada yang membakar. Sehingga, ketika terjadi angin dan hujan deras, tidak kuat untuk menahan beban.

“Relawan dari BPBD Jember langsung ke lokasi dan memotong bagian-bagian dari pohon agar bisa dipindahkan,” ujar Rasid. Pihaknya menghimbau kepada warga untuk tidak melakukan pembakaran pohon utamanya dibagian batang bawahnya. “Karena ketika musim penghujan dan angin bisa roboh,” ujarnya (*).