Ribuan Guru Olahraga Ikuti Kepelatihan Gratis Jr NBA Asia

Kenalkan Dasar-Dasar Bola Basket

26
DAPAT BANYAK ILMU: Para guru olahraga se-Jember saat mengikuti pelatihan bola basket dari Jr NBA Asia di GOR PKPSO Kaliwates, kemarin.

RADAR JEMBER.ID – Ribuan guru olahraga se-Kabupaten Jember mendapatkan pelatihan secara gratis mengenai dasar-dasar bola basket. Pelatihan tersebut diberikan oleh Jr National Basketball Association (NBA) Asia.

Jr NBA adalah program resmi kepelatihan dari (NBA) liga basket paling bergengsi sedunia, di Amerika Serikat. Dalam lawatannya ke Jawa Timur, Jr NBA Asia sudah mengunjungi dua kota besar lainnya, yakni Surabaya dan Kediri. Di Jember baru saja digelar kemarin (4/12), bertempat di GOR PKPSO Kaliwates. Mulai dari pukul 09.00 sampai 16.00.

Kegiatan tersebut Jr NBA Asia juga bekerja sama dengan Dinas Pemuda dan Olahraga (Dipora) Jember, serta Persatuan Bola Basket Seluruh Indonesia (Perbasi) Jember. “Acara ini dari Jr NBA Asia pusat. Dispora Jember hanya sebagai fasilitator saja dalam pergelaran kali ini,” ujar Dedi Mohamad, Kepala Dispora Jember saat dihubungi Radarjember.id.

Ribuan guru tersebut diberi materi langsung serta praktik oleh tiga pemateri dari tiga negara. Yakni Caterina dari Australia, Kelvin dari Filipina, dan Igiet Jayanto dari Indonesia sendiri.

“Kami melaksanakan acara ini dasarnya dari surat Dispora Provinsi Jawa Timur, yang diperuntukkan bagi guru olahraga se-Jember, SD, SMP, MI, MTS, SMA,” imbuh Dedi.

Tujuan coaching clinic ini memberikan edukasi kepada seluruh guru olahraga. Yakni pemahaman mengenai olahraga bola basket. Mulai dari lokakarya (workshop), sejarah bola basket, dasar-dasar bola basket, serta teknisnya.

Sementara itu, salah satu peserta yang ikut seharian penuh acara tersebut yakni M. Zainal Arifin. Guru olahraga dari SD Pancakarya 02 ini mengaku cukup mengapresiasi pergelaran tersebut. “Registrasinya saja gratis. Tentu banyak ilmu yang didapat dari dasar-dasar bola basket dan sangat bermanfaat bagi kami para guru olahraga. Yang nantinya dapat ditularkan kepada murid saya. Tentang bagaimana bermain bola basket yang baik dan benar,” tutur Zainal. (*)

Reporter : Muchammad Ainul Budi

Fotografer : Dwi Siswanto

Editor : Narto