Gadis Umbulsari Raih Juara Dua Putri Kebudayaan Tingkat Nasional 2018

1261

RADAR JEMBER.ID – Sosok Divena Refi Sanggaitarani terlihat begitu anggun. Gadis desa asal Kecamatan Umbulsari ini mampu mengharumkan nama IAIN (Institute Agama Islam Negeri) Jember. Pada bulan Oktober tahun 2018 lalu, mahasiswi Pendidikan Bahasa Arab ini berhasil tampil sebagai juara dua putri kebudayaan Indonesia 2018 mewakili Provinsi Jawa Timur di Gino Ferucci Hotel Bandung.

Refi, begitu sapaan akrab anak pertama pasangan suami-istri Fatkul Rohman dan Nuraeni ini, menceritakanjika dirinya menyukai dunia fashion ketika berumur 7 tahun. “Fashion tidak sekadar tampil di atas catwalk. Namun sekaligus ikut mempromosikan seni dan budaya bangsa,” ungkap Refi.

Gadis penyuka warna biru dan berbintang Sagiitarius ini menjelaskan, walaupun aktif mengikuti berbagai kejuaraan fashion, namun Refi tetap mengutamakan kuliah. “Fashion itu bagiku cuma untuk menyalurkan hobi saat ada waktu luang. Bagaimanapun juga kuliah itu nomor satu,”jelas Refi.

Dikatakan Refi, ada hal positif saat mengikuti fashion show. Setidaknya, dia bisa membangun relasi. Ketika Refi dinobatkan sebagai juara dua putri kebudayaan tingkat nasional, dia sama sekali tidak pernah bermimpi namanya bisa dikenal seantero Indonesia.

“Aku ini kan arek ndeso. Nggak mungkinlah menang di tingkat nasional. Alhamdulilah, Allah SWT memberikan kemenangan buat saya. Semua ini tidak terlepas dari dukungan orang terdekat, termasuk desainer, make up artis, serta fotografer,” tandas Refi.

Langkah meraih kemenangan tersebut tidaklah muda bagi Refi. Pasalnya Ning Entrepreneur Jember 2017 ini, harus bersaing ketat dengan 42 orang finalis dari berbagai provinsi di Indonesia. (*)

Reporter : Winardyasto

Fotografer : Istimewa

Editor : Winardi Nawa Putra