Audiensi, Makan Bareng hingga Dengarkan Curhatan

Bunda Indah Perhatikan Penyandang Disabilitas

“Potensinya mereka memang harus dikembangkan untuk keberlangsungan usahanya. Nanti kami akan mengupayakan membantu promosi (produk warga difabel)-nya,” Wakil Bupati Lumajang Indah Amperawati

25
AKRAB: Wabup Lumajang Bunda Indah tetap terlihat akrab dengan para difabel. Sejak dulu sampai menjadi wabup, Bunda Indah tetap dekat dengan mereka.

LUMAJANG RADAR JEMBER.ID – Perhatian Wakil Bupati Lumajang Indah Amperawati pada penyandang disabilitas tidak terhenti. Sejak menjadi Kepala Bappeda Lumajang, menjadi Kepala Dinas Kehutanan, sampai menjadi orang nomor dua di Lumajang, ia tetap saja perhatian. Kemarin, wabup yang akrab disapa Bunda Indah ini menemui puluhan penyandang disabilitas yang tergabung dalam Persatuan Penyandang Disabilitas Indonesia (PPDI) Kabupaten Lumajang.

Di Rumah Dinas Wabup Graha Nararya Kirana, Bunda Indah bergabung dengan para difabel. Awalnya melakukan audiensi. Semua keluh kesah dan curhatan difabel didengar oleh Bunda Indah. Seusai audiensi, berlanjut dengan makan bareng ikan bakar yang dimasak bersama. Suasana juga begitu cair. Para difabel bercengkerama dan berbincang hangat dengan Bunda Indah.

Pada kesempatan tersebut, Bunda Indah terlihat begitu menyatu dengan mereka. Tak ada sungkan-sungkanan, tak ada jarak, tak ada sekat. Guyonan juga sesekali muncul dalam pertemuan tersebut. Di samping candaan, perbincangan hangat juga terlihat dalam interaksi Bunda Indah dengan para difabel.

Dalam pertemuan tersebut, Muslimin, Ketua PPDI menyampaikan, potensi yang dimiliki anggota PPDI Lumajang, menurut dia mulai terkelola dengan baik. Bahkan, dia mengatakan, anggota PPDI sudah memiliki usaha. Salah satunya pengrajin sapu lidi. Namun, masih terbatas pemasarannya. Usaha lain seperti menjahit dan kreasi-kreasi lainnya juga bermunculan. Dalam kesempatan itu, PPDI juga mengharap kehadiran Bunda Indah dalam kegiatan kemah PPDI yang akan dilaksanakan 24-25 Desember mendatang di Gucialit. Itu sekaligus peringatan PPDI.

Bunda Indah menyambut baik kedatangan PPDI. Undangan juga disanggupi. Wabup kelahiran 1966 ini begitu mengapresiasi apa yang sudah dilakukan PPDI Lumajang. Terlebih lagi, difabel ini sempat-sempatnya melakukan kegiatan berupa kegiatan sosial maupun yang berorientasi pada peningkatan ekonomi anggotanya. Potensi inilah yang sangat diapresiasi. “Potensinya mereka memang harus dikembangkan untuk keberlangsungan usahanya. Nanti kami akan mengupayakan membantu promosinya,” ujar Indah. (*)

Reporter : Hafid Asnan

Fotografer : Hafid Asnan

Editor : Rangga Mahardhika