Terkait Pungli Jabatan Lebih Rp 150 Juta, Kepala OPD Sudah Diperiksa

548
Wakil Bupati Lumajang Indah Amperawati

LUMAJANG RADARJEMBER.ID – Siapa pejabat yang terlibat pungli jabatan di Pemkab Lumajang memang masih remang-remang. Semua masih jadi teka-teki lantaran hasil investigasi tidak dibongkar semua. Namun, ditegaskan jika kepala OPD dan bawahannya sudah diperiksa maraton oleh tim audit inspektorat. Hasilnya positif.

Wakil Bupati Lumajang Indah Amperawati memang tidak seperti biasanya yang selalu blak-blakan menjawab pertanyaan wartawan. Bbirokrat kelahiran 1966 ini terkesan masih menutup-nutupi. Namun, pada subtansi persoalan tetap tegas. Bahwa ada pungli.

Menurut dia,  pungli itu, sekecil apapun ya tetap pungli. “Nggak bisa ditoleransi. Saya dan pak Bupati tetap komitmen memberantasnya. Itu nilainya diatas Rp 150 juta lah. Yang melibatkan beberapa pejabat. Perpaduan pola pungli sistemik dan perseorangan,” katanya.

Dia menjelaskan bahwa dari bawahan sampai kepala OPD sudah diperiksa. “Iya, termasuk kepala OPD sudah diperiksa. Secara tidak langsung atau secara langsung, seorang pemimpin organisasi itu harus bertanggung jawab terhadap kejadian di organisasi yang dipimpinnya. Itu menjadi aturan dan sistem dari semua organisasi,” terangnya.

Sanksinya nanti dari mulai sedang, sampai berat. “Ada beberapa orang yang terlibat. Dari Eselon 2 juga, ya begitulah,” jawabnya. Namun, penanganannya akan bertahap. “Kita selesai internal dulu, dan karena saya dan pak bupati sedang melakukan perubahan mental aparatur, reformasi birokrasi secara total. Tetapi kami akan melakukan secara internal sendiri dulu,” terangnya.

Artinya, bagaimanapun juga bupati dan wabup lanjut dia adalah pemimpin. “Dan kami harus berkebijakan secara internal. Kami akan berupaya melakukan perbaikan di organisasi kami sendiri dulu,” terangnya.

Sempat ditanya apakah pungli ini transfer via rekening atau tunai? Indah menjawab sambil bercanda. “Kok enek-enek ae pertanyaane rek. Wes-wes-wes. Saya pikir itu nggak penting. Tanya aja ke ketua timnya. Tapi nantilah soal itu. Minggu ini temen-temen sudah pada tahu kok. Tunggu saja,” tutupnya lalu masuk ke ruangannya. (*)

Reporter : Hafid Asnan

Fotografer : Hafid Asnan

Editor : Winardi Nawa Putra