Ngumpul Saling Berbagi, Cara Jitu Pasarkan Produk

114
PERTEMUAN ANGGOTA. UKM-IKM Nusantara Jember ikut andil memajukan industri rumah tangga di Kabupaten Jember.

RADAR JEMBER ID – Cara jitu memasarkan produk adalah berkumpul dan saling berbagi produk. Kebiasaan itu pula yang dilakukan anggota UMKM-IKM Nusantara Jember saat melakukan kopi darat (kopdar) atau pertemuan. Menurut Rendra Wirawan SE, Ketua UKM-IKM Nusantara Jember, pertemuan itu dilakukan berpindah-pindah tempat di rumah anggota.

“Setiap ngumpul di acara pertemuan anggota UKM-IKM Nusantara, mereka sengaja membawa produk dari rumah seperti makanan olahan, kue basah, kue kering, camilan dan minuman ” jelas Rendra.

Mantan Ketua Himpunan Pengusaha Muda Indonesia (HIPMI) Kabupaten Jember itu menambahkan, produk itu lantas dicicipi bareng-bareng. Saat itu juga anggota UKM-IKM Nusantara saling menawarkan produk. “Keberadaan UKM-IKM Nusantara Jember ini tahun 2017, kini memiliki 250 orang,” ujar Rendra.

Selain itu, anggota UKM-IKM ini tidak saja memproduksi makanan dan minuman. Lebih dari itu, mereka ada juga sebagai pengusaha pakaian, digital printing serta bibit tanaman buah.

Salah seorang anggota UKM-IKM Nusantara, Jumantoro menceritakan, selain menambah teman, dirinya bisa berbagi pengalaman antar anggota. “Kumpul-kumpul seperti ini bermanfaat sekali, paling tidak untuk saling mengenal dan bisa menambah ilmu,” tegas Jumantoro.

Saat pertemuan di rumah Jumantoro itu, UKM-IKM Nusantara mengundang Bulog Jember, untuk memberi penjelasan terkait progam Rumah Pangan Kita (RPK). Langkah kemitraan bersama Bulog itu, selaras visi dan misi UKM-IKM Nusantara, untuk meningkatkan kesejahteraan anggota. (*)

Reporter : Winardyasto

Fotografer : Winardyasto

Editor : Winardi Nawa Putra