Peduli Literasi, LP3M Unej Kumpulkan Komunitas Literasi Se-Jatim

77
INTERAKTIF: Komunitas Literasi Se-Jatim saling paparkan keadaan Literasi masing-masing kota yang diwakili

RADAR JEMBER. ID – Pertumbuhan teknologi ternyata masih belum diimbangi pertumbuhan literasi. Hal itu dapat dilihat dari minat baca masyarakat Indonesia yang amsih sangat rendah dibandingkan dengan negara-negara lainnya. Terkait hal itu, Pusat Pengembangan Literasi LP3M Universitas Jember (Unej) menyelenggarakan workshop literasi peningkatan sinergitas pendidikan tinggi dan komunitas untuk pengembangan literasi di gedung LP3M Unej, Minggu (25/11/2018)

“Workshop ini merupakan bentuk kepedulian kita para komunitas penggiat literasi,” ujar M. Hadi Makmur, Koordinator Pusat Pengembangan Literasi sekaligus ketua panitia Workshop. Peserta dari kegiatan ini merupakan dari komunitas literasi Se-Jatim serta beberapa perwakilan kota, diantaranya dari Banyuwangi, Lumajang, B ondowoso, Jember, Pasuruan,  dan beberapa kota lainnya.

Menurut survei dari Duta Baca Perpustakaan Nasional Republik Indonesia, dari 61 negara, Indonesia menempati urutan ke-60 terkait dengan minat baca. “Kami ingin menjangkau tempat terkait perkembangan literasi misalnya daerah- daerah perbatasan dan pinggiran, ” tutur Makmur.

 

Sementara itu, Ketua LP3M Unej, Dr Akhmad Taufik menyampaikan, kegiatan ini sebagai wadah peduli terhadap berbagai macam literasi baik itu kebudayaan, sosial, ekonomi, maupun sampai literasi anak-anak. “Kegiatan ini merupakan bentuk sinergitas dalam membentuk jejaring atau bisa disebut kantong-kantong literasi sebagai bentuk supporting penuh kebudayaan,” jelasnya.

Dijelaskan, seluruh peserta pada kegiatan tersebut merupakan seorang nara sumber, jadi terlihat sangat interaktif antara peewakilan satu komunitas dengan komunitas lainnya. Sebagai bentuk pengapresian  kegiatan nantinya akan dibentuk festival literasi atau Jambore Literasi. (*)

Foto: Dewi fi radarjember.id

Reporter : Nurul Azizah

Fotografer : Istimewa

Editor : Winardi Nawa Putra