Gratiskan Perizinan Investor

17

BONDOWOSO RADAR JEMBER.ID – Investasi merupakan salah satu cara pengembangan wilayah. Begitu juga untuk wisata di Bondowoso. Sebagai langkah pengembangan, pemerintah berharap adanya investor yang masuk ke Bondowoso. Sebagai dukungan, pemerintah memberikan kemudahan dalam berinvestasi. Bahkan perizinannya akan digratiskan.

Wakil Bupati Irwan Bachtiar selama ini sudah mengomunikasikan dengan pihak luar yang berpotensi sebagai investor. Di antaranya saat bersama anggota Kamar Dagang Prancis di Jakarta. Pihaknya menyampaikan potensi pariwisata di Bondowoso, dan menjadi daya tarik sendiri. “Saya sampaikan, siapa pun (investor, Red) yang masuk ke Bondowoso, izinnya kami gratiskan,” terangnya.

Oleh karenanya, pihaknya mengimbau kepada camat dan kades agar tidak mempersulit ketika ada investor yang masuk ke Bondowoso. Misalnya masalah izin lokasi, izin prinsip, izin lingkungan, dan lain sebagainya. “Pak camat dan pak kades tolong tidak usah main-main izin lokasi, izin prinsip. Jangan dibuat kesempatan, karena ada Tim Saber Pungli,” tegasnya.

Ketua Saber Pungli adalah Wakil Bupati Bondowoso. Karenanya, Irwan selaku Ketua Saber Pungli Bondowoso benar-benar akan menindak ketika ada pungli dilakukan jajaran camat dan kepala desa. Pihaknya akan menerapkan ketegasan itu untuk kemajuan Bondowoso. “Kalau tidak seperti itu, tidak akan maju Bondowoso,” paparnya. Potensi investor adalah membangun cottage.

Berikutnya, Irwan meminta kepada kepala desa untuk ikut menyadarkan masyarakat yang ada tempat-tempat wisatanya. Masyarakat harus sudah welcome. Harus menerima. Jangan usil. Misalnya ada wisatawan duduk-duduk menikmati wisata, ada yang mencuri, menjahili, dan lain sebagainya. “Kalau sudah seperti itu, maka akan malas, sebab merasa tidak nyaman,” paparnya. (*)

Reporter : Solikhul Huda

Fotografer : Solikhul Huda

Editor : Rangga Mahardhika