Belajar Sains dan Menghafal Alquran

Siswi SMA Nuris Juara Hafizul Quran

21
SISWI BERPRESTASI: Siti Khofifatul Azizah, peraih juara tiga lomba tahfiz bersama Waka Kurikulum SMA Nuris Diana Retno Wulandari.

RADAR JEMBER.ID – Siti Khofifatul Azizah, siswa SMA Nuris ini patut mendapat apresiasi yang tinggi. Sebab, selain belajar ilmu sains, ia juga menghafal Alquran. Bahkan, siswi kelas XII IPA 2 SMA Nuris Jember kerap meraih juara.

Di sekolah, Kholifah belajar di kelas IPA. Di sela kesibukannya belajar sains, juga memanfaatkan waktunya untuk menghafal Alquran. Tak heran, pada musabaqah hifzil Quran (MHQ) di ajang Ma’rifah ICIC IAIN Jember, dia meraih juara tiga tingkat Jawa Timur.

“Saya memang tertarik menghafal Alquran sejak masih SMP,” katanya. Motivasi menghafal itu untuk menjaga ayat-ayat suci Alquran. Kemudian, ia ingin membahagiakan orang tuanya melalui hafalan itu.

Khofifah mengatakan, menghafal Alquran harus sabar dan istiqamah. Hal itulah yang membuatnya mampu menghafal sebanyak 10 juz dengan lancar. Hafalan itu dilakukan di waktu pagi dan malam.

Selain itu, gadis asal Panti ini juga memiliki suara merdu ketika mengaji. Dia juga pernah meraih juara 3 tingkat kabupaten dalam lomba tartil pada  September 2018 lalu, di Masjid Jamik Al Baitul Amin, Jember.

Prestasi lomba MHQ 5 juz yang baru diikutinya merupakan prestasi terbaru. Dia harus mengalahkan puluhan peserta lainnya dari Jawa Timur. Nilai yang diraih Khofifah kalah tipis dengan Muhammad Kholil sebagai juara 1 dari MAN 2 Jember, dan Marzuki sebagai juara 2 dari MAN Bondowoso.

Sementara itu, pengasuh Ponpes Nuris Gus Robith Qosidi menjelaskan, Nuris memiliki komitmen yang kuat agar para santrinya bisa mendalami Alquran. Tak hanya menghafal, tapi juga belajar ilmu tafsirnya. Dukungan itu diterapkan dengan manajemen ekstrakurikuler yang berkualitas.

“Alquran induk dari segala ilmu,” katanya. Untuk itu, santri Nuris diberi wadah agar bisa memahami Alquran. Selain itu, juga mengembangkan bakat sains yang dimiliki oleh para pelajar. (*)

 

Reporter : Bagus Supriadi

Fotografer : Bagus Supriadi

Editor : Shodiq Syarief