Masuk Kategori Senior Harus Berlatih Lebih Ekstra

Resti Lolos ke PON Papua

15
LATIHAN EKSTRA: Resti Aprilia (kanan/baju merah) satu-satunya pecatur Jember yang masuk ke tim Puslatda Jawa Timur untuk PON Papua 2020 mendatang.

RADAR JEMBER.ID – Sejak Juni lalu, Resti Aprilia dipanggil dalam Pusat Latihan Daerah (Puslatda) Jawa Timur guna berlatih rutin seminggu dua kali, di kantor KONI Jatim, Surabaya. Resti adalah satu-satunya atlet catur asal Jember yang masuk dalam tim Puslatda Jatim.

Mahasiswi berusia 21 tahun yang masih kuliah di Politeknik Negeri Jember ini menjadi salah satu atlet catur putri dari tujuh atlet yang dipanggil KONI Jatim. Tujuh atlet putri tersebut bakal dipersiapkan untuk turun di Pekan Olahraga Nasional (PON) 2020 mendatang di Papua.

“Setiap hari Sabtu dan Minggu saya harus ke Surabaya untuk latihan. Di sana diberi tugas, dalam satu hari harus bisa menyelesaikan beberapa teori. Jadi, dilihat rapornya, kalau jelek ya diseleksi ulang,” jelas Resti kepada Radarjember.id.

KONI Jatim juga memantau semua atletnya dalam kejuaraan yang diikuti mereka. Apabila mendapat prestasi bagus dalam tiap kejuaraan, tentu akan mendapat nilai plus untuk masuk ke tim Puslatda. Kejuaraan terakhir yang diikuti Resti yakni kejuaraan nasional (kejurnas) 10-16 Oktober lalu yang digelar di Hall Stadion Lhong Raya Banda Aceh.

Meski baru berusia 21 tahun, Resti sudah harus turun di kategori pecatur putri dewasa. Dalam kejurnas tersebut, Resti sudah menjadi salah satu wakil PON Jatim, dia menempati peringkat kedelapan dengan poin 5.

“Evaluasi di kejurnas kemarin, saya harus lebih giat berlatih. Juga persiapan menghadapi lawan-lawan berat bukan hanya satu langkah saja, tetapi harus sampai ke akar-akarnya,” tutur Resti.

Masuk dalam kategori dewasa atau senior di usianya yang masih muda menjadikan tantangan tersendiri bagi Resti. Apalagi, calon lawan-lawannya di PON Papua mendatang akan lebih sulit.

“Sudah masuk tim senior yang pasti akan lebih susah. Apalagi, dari daerah seperti Jakarta dan Jawa Barat, mereka cukup kuat. Saya harus meningkatkan latihan lebih ekstra lagi,” pungkasnya. (*)

Reporter :

Fotografer :

Editor :