Selain di Unit Donor Darah PMI Kabupaten Jember

Donor Darah Bisa Dilayani di Markas dan PPGD Jubung

35
Kegiatan Donor darah yang dilakukan tim mobil unit UDD PMI Kabupaten Jember

RADAR JEMBER.ID – PMI Kabupaten Jember terus berupaya keras untuk selalu memenuhi stok darah di ruang penyimpan Unit Donor Darah (UDD). Salah satunya memperluas titik pelayanan donor darah. Selain mengandalkan sejumlah mobil unit (MU) yang selalu berpindah-pindah melakukan kegiatan donor darah sukarela.

Jika sebelumnya hanya mengandalkan kantor UDD di Jalan dr Soebandi, maka dalam waktu dekat pelayanan donor darah akan dipusatkan di Markas PMI Jl Jawa dan Klinik PPGD Jubung di Jalan Brawijaya. “Memang kami bakal membuka layanan donor darah di Markas PMI Jl Jawa dan di PPGD Jubung,” kata ketua PMI Kabupaten Jember H EA Zaenal Marzuki SH MH.

Menurut dia, pembukaan layanan donor darah di dua tempat itu untuk melayani masyarakat. “Selama ini hanya di kantor UDD Jl dr Soebandi saja, dan mobil unit yang memang selalu berpindah-pindah. Dengan pembukaan dua tempat pelayanan donor darah tetap, maka masyarakat bisa cari tempat yang paling dekat dengan tempat tinggalnya,” imbuhnya.

Kini, sambungnya, PMI Kabupaten Jember sedang menyiapkan sarana dan prasarana untuk layanan donor darah di markas PMI dan PPGD Jubung. “Sekarang sedang menyiapkan sarana dan prasarana. Sebagian berasal dari UDD jalan Soebandi yang perlu ditambahkan beli yang baru,” ujarnya.

Oleh karena itu, sambungnya, PMI Jember Selasa kemarin melakukan mutasi karyawan di UDD dan markas PMI. Dilakukan penyesuaian-penyesuaian untuk mengoptimalkan kinerja karyawan PMI. “Mutasi ini dalam rangka mengoptimalkan potensi yang dimiliki masing-masing karyawan,” terangnya.

Selain itu, PMI juga masih mengandalkan tiga mobil unit (MU) yang bergerak terus hampir tiap hari untuk mengadakan kegiatan donor darah. “Untuk kegiatan donor darah melalui tim mobil unit tetap dilakukan seperti biasanya. Mereka jadi ujung tombak dalam kegiatan donor darah sukarela,” terangnya.

Selain itu, PMI kabupaten Jember juga bakal merancang program wisata donor darah. Wisata  donor darah merupakan salah satu strategi sosialisasi kepada siswa sejak dini, sebagai kader donor darah sukarela. Mengenalkan donor darah kepada siswa PAUD/TK, SD/MI, SMP/MTs, dan SMA menjadi penting.

Apalagi, dalam waktu dekat UDD PMI bakal menempati kantor baru di Jl Srikoyo yang lebih representatif.  Sebab, di kantor UDD PMI yang lama sudah terlalu kecil dan lahan parkir sangat minim. (*)

PMI for radarjember.id

Reporter : Narto

Fotografer : Istimewa

Editor : MS Rasyid