ADM Perhutani Juga Dorong Perluasan BPJS-TK

48
BERSAMA PERHUTANI: BPJS-TK bersama perhutani Bondowoso membuat komitmen untuk memperluas keikutsertaan BPJS-TK.

BONDOWOSO RADARJEMBER.ID – Perhutani Bondowoso mengapresiasi langkah BPJS Ketenagakerjaan yang terus memperluas kepesertaan BPJS. Sebab manfaatnya sangat dirasakan peserta. Karena manfaat yang besar itu, Perhutani Bondowoso mendorong seluruh masyarakat yang pekerjaannya berkaitan dengan Perhutani, agar ikut menjadi kepesertaan BPJS-TK.

 Itulah yang diungkapkan ADM Perhutani Bondowoso Agus Sarwedi di sela-sela penyerahan simbolis santunan kematian dari BPJS-TK di Aula Perhutani, (Kamis, 8/11/2018). Kebetulan setelah BPJS-TK melakukan sosialisasi kepada LMDH, sebagian anggota LMDH di Bondowoso ikut menjadi peserta. Di tengah perjalanan, ternyata ada yang meninggal. “Karena keikurtsertaan anggota LMDH ke BPJS-TK, ahli waris mendapatkan santunan kematian sebesar Rp 24 juta,” terangnya.

 Sedangkan iuran untuk dua program, yakni Jaminan Kecelakaan Kerja (JKK) dan Jaminan Kematian (JKM), hanya Rp 9.005 per bulan. Melihat kecilnya iuran, pihak Perhutani menegaskan anggota LMDH dipastikan bisa membayar setiap bulannya. Jika dikalkulasi dalam satu tahun, tidak sampai Rp 200 ribu. “Karenanya seluruh LMDH kami himbau untuk ikut,” ujarnya.

 Agus menjlentrehkan, potensi kepesertaan BPJS-TK di Perhutani sangatlah banyak. Sebab dari sisi anggota LMDH saja sudah ratusan. Belum lagi mereka yang setiap harinya bekerja di kebun, seperti nderes karet, penggarap kopi dan lain sebagainya. “Karena manfaat BPJS-TK yang luar biasa, saya mengintruksikan agar mereka ini ikut menjadi peserta BPJS-TK,” ujarnya. Agenda penyerahan simbolis di Kantor Perhutani ini dihadiri langsung Kepala BPJS Ketenagakerjaan Jember Dwi Endah Aprilistyani bersama Kepala KCP BPJS-TK Bondowoso Sasongko Adji.

 Dalam kesempatan tersebut, Dwi Endah Aprilistyani mengungkapkan, pihaknya sangat bangga ketika ada instansi yang getol menyelenggarana BPJS Ketenagakerjaan. Sebab manfaatnya sangat terasa kepada para pesertanya. “Untuk LMDH semoga seluruh anggota LMDH di Bondowoso bisa ikut. Begitu juga pegawai informalnya, sebab manfaatnya akan kembali kepada peserta yang ikut,” terangnya.

 Perlu diketahui, data kepesertaan BPJS TK di Bondowoso untuk Penerima Upah (PU) saat ini tercatat 10.280. Sedangkan kategori Bukan Penerima Upah (BPU) ada 953. Jumlah ini akan terus bertambah. (*)

 

Reporter : Solikhul Huda

Fotografer : Solikhul Huda

Editor : Winardi Nawa Putra