8 Atlet Sepeda Jember Dampingi Tim Jelajah Sepeda Nusantara 2018

63
DILEPAS WABUP: Wakil Bupati Jember Drs. KH. Abdul Muqit Arief melepas Tim Jelajah Sepeda Nusantara 2018 di depan Kantor Pemkab Jember.

RADARJEMBER.ID – Wakil Bupati Jember Drs. KH. Abdul Muqit Arief didampingi Kepala Dinas Kepemudaan dan Olahraga Dedi M Nurahmadi dan Kepala Satpol PP Arief Tjahyana melepas keberangkatan Tim Jelajah Sepeda Nusantara 2018. Tim Jelajah Sepeda Nusantara 2018 berjumlah 15 orang tersebut. Setelah semalam beristirahat di Jember, perjalanan dilanjutkan kembali dan dilepas Wabup di depan kantor Pemkab Jember. Ada atlet Jember yang mengiringi hingga Lumajang.

Wabup Muqit Arief menjelaskan, tim jelajah merepresentasikan kebhinekaan. “Ini merupakan sebuah kemasan bhineka tunggal ika, yang diharapkan dapat menginspirasi,” ujarnya. Keberagaman, bhineka tunggal ika, menurut pengasuh Pondok Pesantren Al Falah Silo ini, merupakan sesuatu yang tidak bisa dihindari untuk kehidupan berbangsa dan bernegara di Indonesia.

Lebih jauh Wabup Muqit Arief berharap, pelepasan jelajah Sepeda Nusantara ini bisa menjadi inspirasi untuk mempertahankan kerukunan. “Kerukunan itu adalah sesuatu yang sangat mahal dan harus dipertahankan dan kembangkan,” tegasnya.

Bersepeda, kata dia, juga memberikan kesetaraan sosial. “Ketika sudah gowes, (strata sosial) itu lebur ke semuanya, Itu sesuatu yang sangat menarik untuk saya,” tuturnya.

Pihaknya juga mengajak semua untuk merenungkan semangat yang dibangun oleh Tim Jelajah Sepeda Nusantara 2018. Apalagi di tengah-tengah masyarakat Indonesia sekarang, sepertinya ada benih benih distorsi kehidupan berbangsa dan bernegara.

Selain 15 atlet sepeda yang tergabung dalam Tim Jelajah, pelepasan Kamis pagi 8 November 2018, ada 8 atlet sepeda dari Jember. Mereka mengiringi tim jelajah sampai di perbatasan Kabupaten Lumajang. Tim Jelajah Sepeda Nusantara 2018 sebelumnya telah menempuh rute dari Kalimantan, Sulawesi, Bali, dan kemudian terakhir Jawa. Finish titik finish di Yogyakarta. (*)

 

Reporter : Winardi Nawa Putra

Fotografer : Humas Pemkab Jember for Radarjember.id

Editor : Winardi Nawa Putra