Order Lewat HP, Penipu Ngaku Guru, Tertangkap, Babak Belur Dihajar Massa

137
BABAK BELUR: Tersangka Hariyanto, 47, saat dikeler ke Mapolsek Bangsalsari setelah babak belur dihajar massa.

RADAR JEMBER.ID    – Melakukan penipuan, Hariyanto, 47, warga Desa Tanggul Kulon harus babak belur setelah dihajar massa pukul 11.00, Selasa (6/11). Dia ketahuan mengulangi aksi penipuannya. Dalam aksi kedua kalinya ini, pria warga  Dusun Teko’an, Desa Tanggul Kulon, Kecamatan Tanggul ini menjadi bulan bulanan warga hingga babak belur.

Beruntung, aksi main hakim sendiri itu tidak berlangsung lama. Petugas dari Polsek Bangsalsari yang saat itu melakukan patroli langsung mengamankan Hariyanto dari amukan massa. Selanjutnya, Hariyanto dibawa ke mapolsek dan menjalani pemeriksaan. Dia pun akhirnya ditetapkan sebagai tersangka.

Korban adalah Riski, 22, asal warga Dusun Paguan, Desa Petung, Kecamatang Bangsalsari. Saat itu, Riski ditelepon oleh tersangka yang mengaku sebagai guru SD di Desa Langkap, Bangsalsari. “Saat itu, dia (tersangka, Red) memesan air mineral 10 kardus dan rokok surya 20 pres,” jelas Riski kepada wartawan di Polsek Bangsalsari, kemarin.

Usai menerima pesanan itu, Riski sempat meminta pendapat pamannya, Aji, 44, warga setempat. Kebetulan, sekitar 2 minggu lalu, Aji menjadi korban penipuan dengan modus yang sama. “Saat itu saya ditelepon dan ngaku guru di SD Rowotamtu Rambipuji, pesan 20 kardus air mineral dan rokok surya 10 pres,” timpal Aji, yang juga ikut diperiksa di Mapolsek Bangsalsari.

Saat itu, lanjut Aji, barang yang dipesan pelaku itu diantar menggunakan becak motor. Setelah sampai di lokasi yang dituju, Aji kembali menghubungi pelaku. Namun, saat itu pelaku beralasan sedang rapat di lokasi lain. “Kemudian, pelaku ngajak ketemu saya untuk bayar keuangan. Tapi barang yang dipesan disuruh tetap di tempat itu,” kata Aji.

Karena tidak curiga, Aji berangkat menuju lokasi yang dimaksud pelaku. Namun, saat dihubungi lagi, nomor ponsel pelaku sudah tidak aktif. “Sementara saat saya kembali ke lokasi barang saya, ternyata barangnya sudah diambil oleh pelaku,” jelas Aji. Dia pun yakin bahwa pelaku itu adalah tersangka Hariyanto yang kini ditangkap dan dihajar oleh massa.

“Saya yakin, karena yang punya becak motor yang ngantarin barang itu masih ingat dengan wajah pelaku. Ya ini orangnya,” sambung Aji sambil menunjuk ke tersangka. Sementara Riski, setelah mendapat pesanan barang dari tersangka itu langsung mencari tersangka. Setelah ketemu, tersangka ditangkap. Namun, karena mencoba lari, warga berdatangan dan langsung memukulinya beramai-ramai.

Kapolsek Bangsalsari AKP I Putu Adi Kusuma membenarkan kejadian itu. Saat ini, pihaknya masih mengembangkan kasus tersebut. “Untuk itu, bagi masyarakat yang merasa pernah mengalami kejadian serupa, silakan segera lapor ke kami,” ujar kapolsek. (*)

Reporter :

Fotografer :

Editor :