Bupati Jember Terima Penghargaan Mitra Terbaik dari Rektor UT

22
Dapat Penghargaan dari Rektor Universitas Terbuka

RADAR JEMBER.ID – Bupati Jember Hj Faida MMR kembali menerima penghargaan sebagai Mitra Terbaik dari Universitas Terbuka (UT) Jember. Penghargaan itu diberikan langsung oleh Rektor Universitas Terbuka saat Wisuda Periode I Tahun Akademik 2018/2019 yang dilaksanakan di gedung UT Convention Center Pondok Cabe, Tangsel.

Wisuda diikuti oleh 1.283 orang lulusan program pascasarjana, sarjana, dan diploma yang berasal dari 13 wilayah UT-Regional di Indonesia, termasuk 99 wisudawan dari UT Jember.

Penghargaan ini merupakan apresiasi tertinggi yang diberikan oleh Rektor UT kepada perorangan, tokoh, pemerintah, atau perusahaan/lembaga yang dinilai memiliki kontribusi besar kepada UT. Utamanya dalam hal penambahan jumlah mahasiswa, penyediaan beasiswa, fasilitasi layanan pendidikan dan/atau peningkatan kepercayaan publik terhadap UT.

Dalam sambutannya, Rektor UT Prof Drs Ojat Darojat  MBus, PhD menyampaikan terima kasih dan penghargaan yang tulus kepada Bupati Jember dr Faida MMR atas komitmen dan kepeduliannya dalam pengembangan SDM.

“Penghargaan ini diberikan kepada Bupati Jember, karena beliau sangat berjasa dan telah berkontribusi sangat besar kepada UT. Contohnya, memberikan beasiswa pada 846 orang mahasiswa UT berprestasi dari keluarga miskin asal Jember,” tandas Prof Ojat.

Sementara itu. Bupati Faida menjelaskan, pihaknya hadir karena bagian dari ikhtiar Pemkab Jember untuk membangun manusia Indonesia. ”Karena membangun Indonesia, membangun Jember hakikatnya adalah membangun SDM. Apalagi masih banyak SDM di Jember yang perlu peningkatan kompetensi dan kualifikasi sesuai standar minimal yang ditetapkan,” tegas bupati dalam sambutannya.

Direktur UT Jember Prof Dr Mohammad Imam Farisi MPd menjelaskan, jumlah beasiswa tersebut merupakan beasiswa terbesar yang pernah diberikan oleh pemkab/pemkot di Indonesia kepada mahasiswa UT. Jumlahnya mencapai 5.3 miliar rupiah atau 12.1 persen dari total beasiswa yang diberikan kepada mahasiswa PT asal Jember di seluruh Indonesia.

“Bupati Faida sangat layak menerima penghargaan tertinggi dari Rektor UT, karena beliau komitmen dan penuh dedikasi dalam pengembangan SDM di Jember,” tandas Imam.

Di sela-sela acara wisuda, Bupati Jember juga berkenan untuk melakukan visitasi di unit-unit strategis UT. Seperti gedung Pusat Produksi Multi Media (P2M2) dan Pusat Layanan Bahan Ajar (Puslaba) agar memperoleh perspektif yang benar dan tepat tentang manajemen operasional UT.

”Kami berharap UT ke depan memiliki program-program khusus sesuai kebutuhan masyarakat Jember. Kami bangga kepada UT dan kami bangga menjadi mitra UT,” tegas Bupati Jember menutup kata sambutannya, diiringi standing applause dari pimpinan UT dan seluruh wisudawan. (*)

Reporter : Pradini Anjar Agustin

Fotografer : Istimewa

Editor : Hadi Sumarsono