Kedelai Naik, Pabrik Tahu Tekan Harga

31
Seorang pekerja tengah memasukan tahu ke tas kresek untuk dijual ke pasar-pasar.

BONDOWOSO RADAR JEMBER.ID – Di tengah persaingan usaha yang semakin keras, usaha mikro kecil menengah (UMKM) atau home industry makanan seperti  tahu tetap bertahan. Meskipun harga kedelai naik. Pabrik tahu yang berada di Kelurahan Kota Kulon Kecamatan Bondowoso ini semakin banyak menerima orderan. Karena banyak warga yang membutuhkan tahu untuk dikonsumsi.

Ny. Imam, 50 , pemilik pabrik tahu mengatakan kepada Jawa Pos Radarjember.id mengatakan, meski harga kedelai sedang naik namun ia menjual tahu dengan harga normal. “Harga kedelai yang biasanya Rp 6 ribu per kilogram saat ini naik menjadi Rp 7.500 per kilogram,” katanya.

Namun, pihaknya tetap menjual tahu dengan harga normal. “Kalau tahu dijual dengan harga mahal, maka konsumen akan keberatan,” terangnya. Meski begitu ia berharap harga kedelai segera kembali normal. Sebab, jika kedelai naik maka yang dirugikan adalah pabrik tahu. “Karena bahan dasar tahu adalah kedelai,” katanya. Selain itu, Imam mengatakan masyarakat tidak bisa dilepaskan dari ketergantungan kepada tahu. Selain itu, para penjual bakso yang ada di Bondowoso banyak yang membeli tahu di pabrik tersebut untuk dijual lagi sebagai bagian dari menu bakso. (*)

Reporter : Eko Saputro

Fotografer : Eko Saputro

Editor : Rangga Mahardhika