Jaka Sopan Dihibur Rhoma Irama dan Soneta

26
DIGANJAR UMRAH - Rhoma Irama dan Gus Thoha pemimpin Ponpes Al Islah memberikan hadiah utama kepada M. Fitroh pelajar di SMP Grujugan untuk berangkat umrah.

RADARJEMBER.ID – Sedikitnya sepuluh ribu peserta mengikuti kegiatan Jaka Sopan atau Jalan Kaki Bondowoso Dadapan yang berjarak sekitar 7 kilometer. Kegiatan ini mengambil start Alun-Alun Bondowoso dan finish di Ponpes Al Islah, Desa Dadapan Kecamatan Grujugan, Minggu pagi kemarin (4/11). Jaka Sopan dibuka oleh Bupati Bondowoso Salwa Arifin dan dihadiri oleh Siti Hardiyanti Rukmana alias Mbak Tutut beserta kedua adiknya, Mbak Titik dan Mbak Mamik.

Kegiatan yang dihadiri ribuan masyarakat Bondowoso dan sekitarnya ini berlangsung meriah. Apalagi, saat sampai di Ponpes Al Islah, ada Bang Haji Rhoma Irama bersama Grup Sonetanya yang menghibur peserta Jaka Sopan. Tal ayal, meski cuaca panas terik dialami ribuan warga yang ikut Jaka Sopan, mereka tetap senang dan berjoget saat melihat Bang Haji Rhoma Irama bernyanyi di atas panggung yang megah. Bahkan, warga Bondowoso paham dan hafal lirik dari lagu-lagu yang didendangkan oleh Rhoma Irama. Seperti, Adu Domba, Perjuangan dan Doa, Saiba, 250 Juta Penduduk Indonesia, Insya Allah, dan beberapa lagu populer lainnya.

Bang Haji sebutan akrab Rhoma Irama meski memasuki usia sekitar 70 tahun, tampak fit dan kuat staminanya tampil di atas panggung. Bahkan, Bang Haji mampu menyanyikan lagu dengan enak dan merdu menghibur para warga Bondowoso. Selain itu, penyanyi latar yang ada di belakang Bang Haji tampak rancak dan kompak saat menari dan sebagai backing vokal. Mereka sangat menghibur masyarakat Bondowoso.

Setelah Bang Haji selesai bernyanyi, panitia mengundi hadiah utama umrah dan hadiah lainnya, seperti sepeda motor, sepeda gunung, serta hadiah lainnya. Untuk hadiah umrah diperoleh M. Fitroh, siswa dari SMP Grujugan. Sementara itu, Pimpinan Ponpes Al Islah Gus Thoha atau KH Muhamad Yusuf Zakaria mengatakan kepada Jawa Pos Radar Ijen, ia sangat respek kepada warga Bondowoso yang mengikuti kegiatan Jaka Sopan. “Jumlahnya sekitar sepuluh ribu lebih,” katanya. Selain itu, dengan melakukan jalan kaki sepanjang 7 kilometer dari Bondowoso ke Ponpes Al Islah, bisa membuat fisik menjadi sehat. “Terima kasih masyarakat Bondowoso yang ikut menyukseskan Jaka Sopan,” pungkasnya.

Reporter : Eko Saputro

Fotografer : Eko Saputro

Editor : Rangga Mahardhika