Tiga Jam Padamkan Mebel Terbakar

KERJA KERAS: Petugas Pemadam kebakaran harus kerja keras sekitar tiga jam untuk memadamkan api yang menghanguskan sebuah mebel di Jalan Sarangan, Kelurahan Antirogo.

RADARJEMBER.ID – Keheningan malam dan istirahat warga di Jalan Sarangan, Kelurahan Antirogo, Sumbersari dini hari kemarin (1/11) pecah. Mebel tempat pembuatan perabot rumah di kawasan tersebut kebakaran hebat. Saking hebatnya kebakaran, petugas pemadaman baru bisa menaklukkan api tiga jam kemudian.

Berdasarkan informasi yang berhasil dihimpun di sekitar lokasi kejadian, api baru diketahui masyarakat sekitar pukul 00.30 dini hari. Warga yang mengetahui api sudah langsung heboh dan berusaha untuk memadamkan api yang memang mudah menjalar ini. Kondisi mebel memang dipenuhi barang dari kayu yang mudah terbakar.

Saat diketahui warga, api di pabrik yang terbakar sudah cukup membesar. Warga berupaya untuk memadamkan api dengan alat seadanya. Namun, karena api cepat membesar, sebagian warga langsung menghubungi petugas pemadam kebakaran (damkar) yang ada di pos BPBD Jember.

Mobil pemadam kebakaran pun datang sekitar 10 menit kemudian. Saat itu, kobaran api sudah besar dan susah dipadamkan. Selang 10 menit, ada dua truk pemadam sampai di lokasi dan langsung berusaha memadamkan api. Karena di dalam pabrik banyak mebel jadi, kayu, dan alat-alat produksi yang mudah terbakar, proses pemadaman api berlangsung lama.

“Setelah mendapat laporan, kami datang ke lokasi,” jelas Rezha P, petugas BPBD Jember, kemarin. Dia mengatakan jika petugas damkar langsung berusaha memadamkan api yang cepat membesar itu. Jadi, kendala pemadaman api lama karena banyak benda-benda mudah terbakar.

Luas gedung sekitar 10×20 meter persegi, kata Rezha, dan proses pemadaman membutuhkan waktu lama karena banyak benda-benda mudah terbakar. “Banyak kayu, kusen, dan alat-alat produksi mebel. Pemadaman berlangsung tiga jam, sampai subuh,” terangnya.

Dia menuturkan jika masih beruntung karena tidak ada korban dalam kejadian yang menghebohkan warga itu. Pihaknya sejauh ini masih belum mengetahui apa penyebab kejadian dari kebakaran tersebut. Kejadian kebakaran ini juga sudah langsung dilakukan penyelidikan dari pihak kepolisian. Sementara tugas pihaknya hanya memadamkan api, sementara penyelidikan kebakaran menjadi tanggung jawab pihak kepolisian. Diperkirakan total kerugian mencapai Rp 100 juta.

Reporter : Jumai, Rangga Mahardhika

Fotografer : Jumai

Editor : Narto