Beri Beasiswa 846 Mahasiswa, Universitas Terbuka Beri Penghargaan Bupati Faida

166
TERIMA PENGHARGAAN: Universitas Terbuka memberikan penghargaan kepada Bupati Jember dr Hj Faida MMR atas kepeduliaannya dalam dunia pendidikan dengan memberikan beasiswa kepada mahasiswa tidak mampu dan berprestasi

RADARJEMBER.ID – Universitas Terbuka (UT) Jember memberikan penghargaan khusus kepada Bupati Jember dr Hj Faida MMR atas kepeduliannya dalam dunia pendidikan dalam merealisasikan 22 Janji Kerja dengan memberikan beasiswa kepada mahasiswa Universitas Terbuka yang kurang mampu dan berprestasi.

Tidak.main-main, jumlah mahasiswa Universitas Terbuka yang menerima beasiswa dari Pemkab Jember cukup banyak hingga mencapai 846 mahasiswa dari total 6.989 mahasiswa penerima beasiswa dari Pemkab Jember. Bila dipersentase mencapai 12,1 persen mahasiswa dari total penerima beasiswa.

WISUDA: Prosesi Upacara Penyerahan Ijazah (UPI) oleh Universitas Terbuka Jember di Gedung Perjuangan 45 Politeknik Negeri Jember.

“Ini masih ditambah 3 orang mahasiswa S2 untuk jenjang S2 jurusan magister pendidikan dasar. Untuk mahasiswa S2 mendapatkan beasiswa Rp 7,5 juta per semester,” ujar Bupati Faida peraih penghargaan aksi kemanusiaan dari Presiden RI ini. Penerimaan penghargaan bergengsi ini diberikan pihak Universitas Terbuka Jember di hadapan para mahasiswa UT yang di wisuda di gedung Juang Politeknik Negeri Jember, Kamis (25/10/2018).

Ditambahkan, total besarnya beasiswa yang diberikan Pemkab Jember, kata Bupati Faida lulusan cumlaude pasca sarjana Universitas Gajah Mada ini,  846 mahasiswa penerima beasiswa mendapatkan beasiswa kuliah total Rp 1.630.433. 000 dan untuk biaya hidup hingga Rp. 3.694.500.000. “Jadi total untuk 846 mahasiswa tersebut pemkab Jenber memberikan bantuan beasiswa  sebesar Rp 5.324.933.000

Dijelaskan Faida, dari 846 mahasiswa penerima beasiswa dari Pemkab Jember, mayoritas mahasiswa jurusan Pendidikan Guru PAUD sebanyaj 308 mahasiswa dan PGSD sebanyak 410 mahasiswa. “Termasuk ada 118 guru PAUD honorer aktif mengajar di Jember. Diantara 410 mahasiswa PGSD adalah GTT ( Guru Tidak Tetap) yang mengajar di Jember

Pantauan wartawan Jawa Pos  radarjember.id, nampak Gedung Perjuangan 45 Politeknik Negeri Jember ramai dengan para wisudawan untuk mengikuti prosesi Upacara Penyerahan Ijazah (UPI). Kegiatan dimulai dari pukul 07.00-12.00 dihadiri sebanyak 503 wisuda beserta keluarga dan tamu undangan.

Hadir  Bupati Jember, dr. Faida MMR dalam rangka pemberian penghargaan dalam bentuk apresiasi pimpinan UT atas realisasi 22 Janji Kerja Bupati Jember berupa pemberian beasiswa kepada mahasiswa UT melalui program beasiswa perguruan tinggi bagi mahasiswa tidak mampu dan berprestasi asal Jember.

Direktur Universitas Terbuka Jember Prof. Dr. Mohammad Imam Farisi, M.Pd  sangat mengapresiasi kepedulian Bupati Faida dengan memberikan beasiswa bagi warga tidak.mampu dan berprestasi. Apalagi jumlahnya cukup banyak di uar dugaan dan bisa jadi Pemkab Jember termasuk yang memberikan beasiswa terbanyak untuk mahasiswa UT di Indonesia.

“Alhamdullilah, ini adalah sumber-sumber beasiswa yang dimiliki dan didapatkan oleh UT untuk mengembangkan potensi mahasiswa di sini,” paparnya.

Prosesi upacara penyerahan Ijazah ini berasal dari mahasiswa berbagai daerah di  7 kabupaten, meliputi Kabupaten Jember, Kabupaten Bondowoso, Kabupaten Banyuwangi, Kabupaten Probolinggo, Kabupaten Lumajang, dan Kabupaten Situbondo.

Terdapat pula pemberian penghargaan kepada mahasiswa sarjana terbaik 1 se-UT Jember kepada Seftika Roziana, “Menjadi lulusan terbaik itu suatu kebanggaan. Pastilah semua senang. Ke depanya harus punya target, belajar di sini tidak seperti biasanya. Kita lebih ketat. terlebih tatapan muka juga melalui online. Jadi melalui modul kita harus benar-benar menguasai agar mendapatkan hasil sesuai target,” ujar lulusan program studi PGPAUD dengan IPK 3,60 ini.(*)

 

Reporter : Pradini Anjar Agustin

Fotografer : Mulyadi for Radarjember.id

Editor : Winardi Nawa Putra