BPJSTK Serahkan Santunan JKM

75

BONDOWOSO RADARJEMBER.ID – KCP BPJS Ketenagakerjaan Bondowoso kembali menyerahkan Santunan Jaminan Kematian (JKM), kemarin (8/10). Penerimanya adalah Khosniwati, istri Alm Sumito (Kades Sumber Anyar, Maesan). Keluarga ini menerima santunan Rp 24 juta dari manfaat Jaminan Kematian BPJS Ketenagakerjaan.

Penyerahan santunan itu dilakukan di Kantor Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (Dinas PMD). Kepala Dinas PMD Abdurrahman memimpin penyerahan simbolis tersebut. Turut hadir Kepala KCP BPJS Ketenagakerjaan Bondowoso Sasongko Adji dan perangkat Desa Sumber Anyar, Maesan.

Istri Alm Sumito mengungkapkan, keluarganya masih dirundung duka mendalam karena kepergian suaminya September kemarin. Dengan adanya manfaat jaminan kematian dari BPJSTK, kiranya dapat membantu keluarga yang tengah dirundung duka. “Belum sampai seratus harinya, jadi uang santunan kami pakai untuk selamatan dan untuk kebutuhan keluarga, kami sangat berterimakasih kepada BPJS Ketenagakerjaan,” ujarnya.

Kepala Dinas PMD Abdurrahman mengatakan, berbicara mati, semua orang akan mati. Namun dengan mengikutkan kepesertaan jaminan kematian, akan bisa meringankan beban keluarga yang ditinggal. “Kita tidak berharap ada kecelakaan dalam tugas pekerjaan, namun ketika ada jaminan, maka akan sangat membantu,” terangnya.

Bagi pemerintah desa, selama ini kepala desa dan pegawai kantor desa, menjadi kepesertaan BPJS Ketenagakerjaan diambilkan dari Alokasi Dana Desa (ADD). Pemerintah telah membuat payung hukum keikutsertaan pemerintah desa. Manfaat keikutsertaan BPJS Ketenagakerjaan yang begitu terasa, nyata-nyata membantu keluarga orang yang ikut BPJS Ketenagakerjaan.

Sementara, Kepala KCP BPJS Ketenagakerjaan Bondowoso Sasongko Adji mengungkapkan, inti BPJS Ketenagakerjaan adalah gotong royong. Semangat inilah yang bisa meringankan masyarakat yang mendapat manfaat.

BPJS Ketenagakerjaan memiliki empat program, yakni Jaminan Kecelakaan Kerja (JKK), Jaminan Kematian (JKM), Jaminan Hari Tua (JHT) dan Jaminan Pensiun (JP). Dari 206 desa di Bondowoso, 203 diantaranya sudah ikut BPJSTK. “Kebanyakan pemdes ikut dua manfaat, yakni Jaminan Kecelakaan Kerja dan Jaminan Kematian. Namun jika ingin manfaat lebihm ada JHT dan Jaminan Pensiun,” ujarnya. (*)

Reporter: Sholikhul Huda

Fotografer: Sholikhul Huda

Editor: Winardi Nawa Putra

Reporter :

Fotografer :

Editor :