UNIVERSITAS TERBUKA JEMBER: IKA UT wilayah Jember Berikan Beasiswa Prestasi Bagi Mahasiswa

53
UT JEMBER FOR RADAR JEMBER Para penerima beasiswa IKA-UT: Berurutan, enam dari kanan Direktur UT-Jember Prof. Dr. Mohammad Imam Farisi, M.Pd, Dekan FKIP-UT Prof. Udan Kusmawan, M.Ed., PhD, dan Ketua IKA UT-Jember Ir. H. Achmad Arifin, SE.

RADARJEMBER.ID – Seperti halnya perguruan tinggi lain, UT juga memberikan beasiswa kepada mahasiswanya, seperti beasiswa bidikmisi, Corporate Social Responsibility (CSR), Beasiswa Peningkatan Prestasi Akademik (Beasiswa-PPA) dan Bantuan Biaya Pendidikan Peningkatan Prestasi Akademik (BPP-PPA), Beasiswa Kerjasama (dengan pemerintah provinsi/kabupaten/kota), dan beasiswa prestasi dari Ikatan Alumni Universitas Terbuka (IKA-UT). Tujuan umum dari semua jenis beasiswa tersebut adalah untuk meningkatkan akses dan  pemerataan kesempatan belajar di perguruan tinggi bagi rakyat Indonesia, mengurangi jumlah mahasiswa yang putus kuliah, karena tidak mampu membiayai pendidikan, dan meningkatkan prestasi dan motivasi mahasiswa, baik pada bidang akademik/kurikuler, ko-kurikuler,  maupun ekstrakurikuler.

IKA UT sebagai anak kandung UT tidak pernah bisa lepas dari kesadaran untuk ikut turut serta memajukan pendidikan di Indonesia, khususnya melalui UT sebagai institusi pendidilan tinggi terbuka jarak jauh. Sejalan dengan komitmen untuk berkontribusi membantu meringankan biaya pendidikan bagi mahasiswa UT-Jember yang kurang mampu, IKA UT wilayah Jember sejak tahun 2016 telah memberikan bantuan beasiswa prestasi bagi 7 (tujuh) orang mahasiswa terseleksi dari berbagai program studi Sarjana (S1). 3 orang dari prodi S1 manajemen, 2 orang prodi S1 Akuntansi, 1 orang prodi S1 ilmu Hukum, dan 1 ornag dari prodi S1 ilmu Komunikasi.

Semester ini (2018/19.1) IKA UT wilayah Jember dibantu oleh UT-Jember tengah menyeleksi 2 orang lagi mahasiswa calon penerima beasiswa. Penyerahan beasiswa akan dilakukan pada saat Upacara Penyerahan Ijazah UT-Jember tahun 2018 Periode II yang akan dilaksanakan tanggal 25 Oktober 2018.

“Kami sangat berharap pemberian beasiswa prestasi ini bisa mendorong kesuksesan belajar mahasiswa, dan menjadi pemicu dan penyemangat belajar mereka”, tegas bapak Arifin, ketua IKA UT wilayah Jember. Beliau juga berharap para penerima beasiswa rersebut dapat menjadi teladan bagi mahasiwa yang lain dalam upaya meraih prrstasi setinggi tingginya dalam proses belajar mandiri di Universitas Terbuka, serta makin mendorong semangat memajukan pendidikan di Indonesia sejajar dengan pendidikan di negara negara maju lainnya.

Sementara itu, Direktur UT-Jember Prof. Dr. Mohammad Imam Farisi, M.Pd. juga berharap agar IKA UT wilayah Jember dapat terus mempertahankan pemberian beasiswa prestasi ini sampai mereka lulus dan terjun di masyarakat dengan baik dan sukses. Bahkan, Prof. Imam berharap IKA-UT Jember ke depannya bisa menambah pemberian beasiswa ini setidaknya menjadi 3-4 orang setiap pelaksanaan UPI di Jember. (*)

Reporter :

Fotografer :

Editor :