Galang Dana Bencana Palu, UKM Janter Gelar Teatrikal

196
GALANG DANA POSO: Inilah salah satu penampilan UKM Jantung Teater saat tampil di Alun-Alun Jember

RADARJEMBER.ID – Teriakan lantang penuh histeris menyeruak di keramaian alun-alun kota Jember. Terlihat perempuan menarik kain hitam yang mengikat seorang laki-laki dengan tangannya membawa golok. Jangan salah sangka, teriakan histeris tersebut berasal dari pemain teatrikal yang diperankan salah satu dari delapan anggota Janter (Jantung Teater) pada hari Minggu pagi (7/10/2018).

Atraksi teatrikal Janter dari Unit Kegiatam Mahasiswa (UKM) Fakultas Hukum Universitas Jember ini digelar dalam rangka aksi kemanusiaan dan penggalangan dana untuk membantu korban bencana gempa dan tsunami Palu dan Donggala, Sulawesi Tengah.
“Ini kita gabung bareng GenBI (Generasi Baru Indonesia) se-Jember buat penggalangan koin untuk korban Palu dan Donggala. Kita ikut berpartisipasi mengisi acara dengan pertunjukan teater yang kami bawakan, ” ujar Dwi Hasbi, Ketua Janter.

Menurut perempuan berusia 21tahun ini, aksi teatrikal yang ditampilkan Janter bertajuk ‘Alamku Marah’ ditampilkan dengan memadukan aksi teater, musik, dan puisi.

Dijelaskan, kendati persiapan hanya sehari, penampilan teaterikal yang berlangsung sekitar 30 menit tersebut mampu menarik warga yang memedati alun-alun Jember.

“Persiapannya hanya sehari dengan menyiapkan musik, puisi dan teater. Dengan didukung alunan musik tradisional lebih membangun suasana penampilan”, ujarnya.

Dikatakan, dari aksi teatrikal tersebut, pihaknya ingin menggambarkan rasa kasih sayang manusia terhadap sesama manusia dan juga kasih sayang terhadap alam.

“Apabila manusia menyayangi alam, maka alam akan kembali menyayangi manusia. Begitu juga sebaliknya. Apabila manusia tidak menyanyangi alam maka alam pun tidak akan menyayangi kita,” tegasnya. (mg/pra)