Kesehatan Atlet Bakal Dicek Rutin

25
HUMAS FOR RADAR JEMBER SAH: Bupati Jember Faida melantik Pengkab KONI Jember yang baru. Pelantikan ini digelar di Pendapa Wahyawibawagraha.

RADARJEMBER.ID – Sesaat usai dilantik Bupati Jember Faida, Ketua Pengurus Kabupaten (Pengkab) Komite Olahraga Nasional Indonesia (KONI) Jember Abdul Haris Afianto menyatakan, program pertamanya pada masa kepengurusan ini yaitu melakukan tes kesehatan para atlet secara rutin. Ini untuk mengecek kondisi fisik mereka, karena latihan yang bakal dilakukan akan lebih intens.

Selain itu, kata Alfin, pemenuhan nutrisi dan gizi para atlet juga menjadi perhatian khusus. Sebab dia menargetkan, Jember mampu menaikkan satu digit prestasi di tingkat Jawa Timur. “Nanti latihannya akan ditingkatkan habis-habisan. Dan pembuktiannya ada di Porprov (pekan olahraga provinsi),” katanya.

Dia menambahkan, saat ini KONI bersama Bupati Jember telah berkomitmen, untuk meningkatkan potensi dan kualitas atlet muda. Oleh karenanya, pekan olahraga kabupaten (porkab) akan diadakan untuk mengukur potensi atlet yang diberangkatkan ke arena porprov.

Sementara Bupati Faida memberikan target kepada 48 pengurus untuk merencanakan prestasi yang akan diraih. Dalam dua minggu, harus sudah ada program kerja yang bisa dilaporkan kepada bupati. Termasuk data atlet, pelatih, dan kader yang menjadi dasar untuk membuat program dan kegiatan.

Tak hanya itu, Faida juga menegaskan, semua program yang dijalankan harus transparan. Ini sebagai informasi agar masyarakat tahu tentang program KONI. Dia meminta, tak ada satu pun program yang disembunyikan. Karena tanggung jawab atas anggarannya dari Pemerintah Kabupaten Jember. “Event-event yang akan diikuti juga harus direncanakan jauh-jauh hari. Karena prestasi itu harus direncanakan, ditata, dan dipersiapkan,” ujarnya.

KONI, kata Faida, memiliki tanggung jawab besar untuk melahirkan bintang-bintang di bidang olahraga. Hal ini untuk mengharumkan nama kabupaten, provinsi, dan Indonesia. Oleh karena itu, sambung dia, KONI harus berjalan bersama dengan kepentingan pemerintah kabupaten. Setiap cabang olahraga juga harus berkonsentrasi. Sebab, tak ada prestasi kecuali dengan pelatih yang kompeten. “Kami siap mendukung pengurus KONI yang baru. KONI harus fokus olahraga, bukan yang lain,” pesannya.

Wakil Ketua II Pengprov KONI  Jawa Timur M. Nabil menuturkan, ada obsesi besar dari pengurus provinsi ke KONI Jember. Karena Jember merupakan kabupaten yang besar, yang harus memberikan kontribusi positif bagi Jawa Timur. Makanya, pembibitan, dan mencari atlet-atlet muda dari Jember untuk dibina dan pengembangan prestasi menjadi tanggung jawab pengurus yang baru saja dilantik tersebut. “Kami juga berharap pasca dilantiknya pengurus baru ini ada peningkatan, kesungguhan, keseriusan serta kefokusan. Karena yang menjadi alat ukur olahraga adalah prestasi,” ungkapnya.

Reporter : Mahrus Sholih,
Editor : Adi Faizin
Editor Bahasa: Imron Hidayatullah

Reporter :

Fotografer :

Editor :