RSU Kaliwates: Pentingnya Tes Darah bagi Kesehatan Tubuh

35
RSU Kaliwates for Radar Jember PUNYA ALAT TERBARU: Fungsi cek darah atau pemeriksaan laboratorium dapat menceritakan banyak hal tentang kesehatan tubuh.

RADARJEMBER.ID – Pemeriksaan laboratorium sudah menjadi bagian dari kehidupan sehari-hari kita. Bila dokter memerlukan data pendukung yang lebih lengkap, pasien biasanya akan dirujuk untuk melakukan pemeriksaan laboratorium.

Pengertian pemeriksaan laboratorium yaitu suatu tindakan dan prosedur pemeriksaan khusus dengan mengambil bahan atau sampel dari pasien dalam bentuk darah, sputum atau dahak, air seni, dan cairan tubuh lainnya. Tujuannya untuk menentukan diagnosis atau membantu menegakkan diagnosis penyakit.

Pemeriksaan laboratorium tidak hanya dilakukan bagi individu yang sakit. Individu sehat yang rutin melakukan pemeriksaan laboratorium akan memperoleh banyak manfaat. “Pemeriksaan laboratorium dapat berupa medical checkup berkala, sehingga individu dapat memantau terus kesehatannya,” ujar dr Rakhman Tyas Perdana dari RSU Kaliwates.

Pemeriksaan laboratorium dilakukan untuk beberapa tujuan seperti mendeteksi penyakit, menentukan risiko, memantau perkembangan penyakit, memantau perkembangan pengobatan, dan lain-lain. Melihat beberapa tujuan dari pemeriksaan laboratorium yang disebutkan tadi, maka pemeriksaan laboratorium perlu dilakukan sedini mungkin atau segera setelah dokter mendiagnosis suatu penyakit.

Salah satu contoh pemeriksaan laboratorium yaitu tes darah. Sebagian orang mungkin akan merasa enggan ketika harus melakukan pengecekan darah. Bisa jadi mereka takut diketahui jika banyak penyakit di dalam tubuhnya. “Tetapi mau tidak mau, pengecekan darah seharusnya dilakukan secara berkala,” imbuh dr Rakhman.

Fungsi cek darah atau pemeriksaan laboratorium dapat menceritakan banyak hal tentang kesehatan tubuh. Bahkan, hampir dua pertiga kondisi kesehatan tubuh kita bisa dilihat dari data hasil tes darah yang akurat ini. “Data ini tentu saja tidak hanya penting untuk mengobati penyakit, tetapi juga berguna bagi kita dalam memantau kesehatan tubuh secara keseluruhan,” lanjutnya.

Ada beberapa tes darah yang esensial untuk membantu seseorang dalam medical checkup. Di antaranya pemeriksaan lemak atau kolesterol, pemeriksaan TORCH, pemeriksaan screening tumor pria, pemeriksaan fungsi ginjal, pemeriksaan screening hepatitis B, pemeriksaan fungsi hati, pemeriksaan gula darah, hingga pemeriksaan kanker serviks.

Tanpa kesehatan yang baik, semua yang dimiliki akan sia-sia. Tanpa kesehatan yang prima, seseorang tidak akan pernah bisa mencapai apa pun. Kesehatan buruk pula yang akan membuat terpuruk dalam luka dan kesunyian. Maka dari itu, jangan terlalu takut untuk diambil darahnya, karena dari situ seseorang dapat mengetahui kondisi kesehatan tubuhnya.

Bila ada keluhan atau ingin konsultasi tentang medical checkup, segera hubungi Poli Spesialis RSU Kaliwates Jember di nomor 0331-483309 atau pendaftaran daring melalui WhatsApp di nomor 0821-4109-1945.

Reporter : Lintang Anis Bena Kinanti
Editor : M. Shodiq Syarif
Editor Bahasa: Imron Hidayatullah

Reporter :

Fotografer :

Editor :