RS Haryoto Disidak, Layanan Pasien Kritis Lambat, Kamar Mandinya Kumuh

HAFID ASNAN / RAME BLUSUKAN RUMAH SAKIT: Bupati Thoriq dan Wabup Indah ketika mendatangi RS Haryoto Lumajang, kemarin. Banyak layanan di RS ini yang perlu segera dibenahi.

LUMAJANG RADARJEMBER.ID – Kamar mandi menjadi sasaran sidak Bupati dan Wakil Bupati Lumajang, selain kondisi rumah sakit secara umum, kemarin. Bupati dan wakilnya yang datang ke RS Haryoto sekitar pukul 09.30 itu langsung blusukan ke area rumah sakit. Mereka mendapati sejumlah pasien hamil. Mereka memastikan para pasien hamil itu sudah bisa menikmati layanan melahirkan gratis.

Selain itu, bupati dan wabup juga melihat adanya pasien kritis dengan kondisi penyakit kulit parah. Cak Thoriq dan Bunda Indah langsung memberikan solusi agar pasien kritis didahulukan. Sementara administrasi menyusul belakangan.

Dua pimpinan baru Kabupaten Lumajang itu blusukan dengan didampingi Direktur RS Haryoto dr Indrajudi. Mereka juga melihat ruang layanan dan poli. Saat melihat ruangan itulah, Bupati Thoriq dan Wabup Indah mendapati kamar mandi dan kamar kecil yang kumuh. Mereka pun meminta agar kondisi itu segera dibenahi.

Mereka juga melihat saluran pembuangan limbah tersumbat sampai meluber ke halaman. Juga melihat langsung ketersediaan dokter spesialis minim. Di antaranya adalah spesialis ortopedi yang hanya ada satu dokter. Layanan poli terlambat karena dokter poli sedang melakukan operasi.

Wabup Indah menegaskan, minimnya dokter ini akan dicarikan solusi. “Kami akan coba kerja sama dengan fakultas kedokteran Unair untuk dokter spesialis. Karena sebelum lulus di sana, ada masa bakti 6 bulan bagi para mahasiswa spesialis Unair. Kami siapkan fasilitas rumah tempat tinggal untuk mereka,” jelasnya.

Sementara itu, Bupati Thoriq mengatakan, kebutuhan dokter spesialis ini memang mendesak. Oleh karena itu, dia berjanji akan segera mencarikan solusinya. “Bahwa kami butuh dengan dokter spesialis tapi tidak bisa cepat. Butuh waktu dan beberapa tahapan. Di antaranya kerja sama dengan Unair. Itu jangka panjang,” ungkapnya.

Dalam sidak kemarin, mereka juga sempat menanyakan langsung layanan rumah sakit kepada para pasien. Hasilnya, Thoriq menilai sudah ada peningkatan. “Pelayanan tadi sudah ditanyakan ke beberapa pasien langsung, baik dan bagus. Sudah ada peningkatan,” katanya.

Reporter & Fotografer: Hafid Asnan
Editor : MS Rasyid
Editor Bahasa: Imron Hidayatullah

IKLAN

Reporter :

Fotografer :

Editor :