Surat Keberatan Tambang Silo Diserahkan Langsung Bupati Faida ke Menteri ESDM

TOLAK TAMBANG EMAS SILO: Bupati Jember dr Hj Faida MMR menyerahkan surat keberatan terkait tambang emas Silo kepada Menteri ESD. Ignasius Jonan.

JAKARTA RADARJEMBER.ID – Langkah cepat dilakukan Bupati Jember dr Hj Faida MMR terkait polemik terbitnya surat keputusan menteri ESDM terkait tambang emas Silo. Setelah mengirim surat resmi keberatan  masuknya Silo menjadi blok penambangan emas ke Gubernur Jatim, Bupati Faida juga langsung menemui Menteri ESDM Jonan untuk.menyerahkan surat keberatan adanya penambangan emas di Silo hari ini Kamis (20/9/2018). Bupati juga ditemui Ditemui Gufron, Kabiro Hukum Kementrian ESDM.

Menteri ESDM Ignasius Jonan menyampaikan, langkah bupati Faida mengirim surat keberatan ke gubernur sudah benar dan Surat Keputusan Menteri ESDM bisa dibatalkan, setelah Gubernur menindaklanjuti surat bupati dan berkirim surat ke Menteri ESDM.

Menurut Faida, prinsip Kementrian ESDM akan mengikuti kehendak masyarakat yang menolak tambang Silo melalui surat keberatan bupati yang tidak ingin adanya tambang emas di Silo.

“Intinya keputusan menteri atas penetapan Silo masuk kawasan penambangan emas bisa dibatalkan karena adanya surat keberatan bupati berdasarkan keberatan dari masyarakat yang tidak menghendaki adanya tambang emas Silo,” ujarnya.

TOLAK TAMBANG EMAS SILO: Bupati Jember dr Hj Faida MMR menyerahkan surat keberatan terkait tambang emas Silo kepada Menteri ESD. Ignasius Jonan.

Hal senada diungkapkan Hadi M Djuraid, Staf Khusus Menteri ESDM Bidang Komunikasi Publik. Diungkapkan,  Gubernur nantinya menindaklanjuti surat keberatan bupati dengan tidak melelang kawasan tambang di Silo dan mengajukan usulan pembatalan surat keputusan menteri terkait tambang Silo kepada Menteri ESDM.

“Gubernur nanti kirim surat ke menteri ESDM dan jangan melelang tambang Silo,” ujarnya. Jadi, selama gubernur tidak melakukan lelang atas blok Silo maka tidak ada kegiatan eksplorasi yang bisa dilakukan. Hal ini sekaligus menjawab pertanyaan Bupati Faida saat  menyampaikan kekhawatiran masyarakat Jember akan adanya kegiatan di blok Silo setelah terbitnya SK Menteri ESDM tersebut.

Didapat penjelasan juga jika Menteri ESDM bisa membatalkan lampiran 4 SK Menteri ESDM tersebut khusus tentang blok Silo. (*)

Reporter: Winardi Nawa Putra

Foto: istimewa

Reporter :

Fotografer :

Editor :