Lomba Cipta Menu Kudapan Non Beras Non Terigu, Bikin Menu Makanan yang Sehat

Foto Eko Saputro/Radar Ijen BERGIZI:  Ketua dharma wanita persatuan Dinkes Bondowoso Hj Nur Saidah Imron bersama Tim penilai lomba Dharma Wanita Dinkes Gelar Lomba Cipta Menu Non Beras.

RADARJEMBER.ID – Lomba cipta menu kudapan non beras non terigu dalam rangka memperingati HUT RI ke-73 di Dinkes Bondowoso berlangsung meriah, Jumat kemarin (31/9). Sebagai menu pengganti beras atau terigu, para peserta yang merupakan pegawai di lingkungan dinkes dan puskesmas menampilkan menu makanan yang bervariasi, nikmat serta sehat dan murah.

Ketua Dharma Wanita Persatuan Dinkes Hj Nur Saidah Imron mengatakan kepada radarjember.id berharap warga tidak bergantung pada beras atau tepung sebagai sumber makanan. “Karena sebenarnya banyak sumber pangan di luar beras atau terigu. Misalkan, jagung dan umbi-umbian,” jelasnya.
Dan kata Nur Saidah Imron, sumber pangan non beras atau non tepung itu lebih murah dan bisa diperoleh dengan mudah. “Sesuai dengan tema lomba cipta menu, belanja hemat kudapat lezat keluarga sehat, “ujarnya.

Nur Saidah Imron menambahkan ibu-ibu PKK di lingkungan Dinkes Bondowoso ternyata mampu mengolah makanan minuman non beras non tepung. “Peserta bisa bikin minuman dari buah serta makanan non beras dengan rasa. yang enak,” katanya.

Tentu saja hal itu bisa ditularkan ke masyarakat luas agar warga tidak tergantung beras dan terigu.  “Tentu saja hal ini merupakan cara untuk meningkatkan ketahanan pangan,” tambahnya. Apalagi banyak sekali sumber makanan yang terdapat di sekitar kita di luar beras dan tepung. “Keuntungan lainnya makanan non beras non tepung ini lebih murah, “katanya.

Sementara itu,  dari pengamatan radarjember.id,  para peserta yang merupakan ibu-ibu, membuat berbagai macam kue atau kudapan dengan berbagai bentuk. Ada yang berbentuk ikan koi, atau bentuk benda lain yang menarik perhatian.

Juga ada makanan dari jagung yang sangat lezat saat disantap. Selain itu ada berbagai minuman yang terbuat dari berbagai macam dan jenis buah. Juga ada minuman yang Baharudin  dasarnya dari jahe, kayu manis, kacang, dan campuran rempah. “Selain enak, minuman ini untuk menghangatkan badan atau mengusir masuk angin,” kata salah seorang peserta dari Yankes Dinkes Bondowoso.

Reporter & Fotografer: Eko Saputro
Editor : Narto
Editor Bahasa: Yerri A Aji

IKLAN

Reporter :

Fotografer :

Editor :