Dalam Festival Kopi Nusantara Ke-3 Bondowoso, 102 Barista Beradu Ketangkasan

Sholikhul Huda/Radar Ijen DARI JEMBER: Inilah penampilan salah seorang barista dari Jember dalam laga FKN 2018 di Kota Tape Bondowoso.

RADARJEMBER.ID – Sebanyak 102 barista beradu ketangkasan dalam Festival Kopi Nusatara ke-3, di Alun-Alun RBA Ki Ronggo Bondowoso, kemarin (25/8). Mereka berasal dari berbagai wilayah. Selain Bondowoso ada dari Surabaya, Probolinggo, Jember, Bandar Lampung, Jakarta, Salatiga, dan berbagai daerah di Indonesia. Kompetisi yang dilalui para peserta dibagi dalam dua jenis. Yakni brewing dan roasting. Ada sebanyak 21 peserta roasting  dan 81 peserta brewing.

Yusianto, salah seorang juri dari Pusat Penelitian Kopi dan Kakao (Puslitkoka) Indonesia menerangkan, pada babak penyisihan barista-barista tersebut hanya diberi bahan kopi arabika. Karena, kategorinya hedonik yakni kesukaan para juri. Tapi juri di sini harus memosisikan diri bahwa mereka mencicipi kopi arabika.

Berikutnya adalah kategori blending. Para juri harus memosisikan dalam pikirannya bahwa dia sedang menguji kopi yang blending. Bukan kopi arabika maupun kopi robusta. Bagaimana komposisi blending-nya ini sesuai. “Perbedaan cita rasa yang dihasilkan oleh para barista di kompetisi ini bukan hanya asal kopinya. Tapi juga karena, tingkat granding-nya, perbandingan antara air dan kopi, suhu airnya, termasuk lama ekstraksinya,” jelasnya.

Reporter & Fotografer: Sholikhul Huda
Editor : Narto
Editor Bahasa: Yerri A Aji