Lawan Kabut, Kibarkan Bendera 73 Meter

JADI PERHATIAN: Pembentangan bendera sepanjang 73 meter oleh Polres Bondowoso jadi perhatian pendaki Kawah Ijen, Bondowoso.

BONDOWOSO RADARJEMBER.ID– Ribuan wisatawan asing dan mancanegera memadati pendakian Kawah Ijen, kemarin (12/8). Ada yang menarik perhatian pada pendakian akhir pekan kemarin. Yakni adanya Eksepdisi Merah Putih dari Polres Bondowoso dan Pemkab Bondowoso di Kawah Ijen. Bendera sepanjang 73 meter dibentangkan oleh polisi, pramuka Saka Pariwisata, dan Pemkab Bondowoso.

Kapolres AKBP Taufik Herdiansyah Zeinardi mengatakan, semangat pembentangan itu ada dua misi. Yakni rasa syukur atas HUT Kemerdekaan RI ke 73 dan salah satu bentuk pengenalan pariwisata Kawah Ijen yang bisa di akses melalui Bondowoso. “Kami ingin membangkitkan patriotisme bagi para penerus bangsa,” terangnya.

Selain itu, Polres Bondowoso yang menjadi bagian dari masyarakat Bondowoso, ingin ikut memperkenalkan potensi wisata yang ada di Bondowoso. Yang salah satunya adalah Kawah Ijen. Karenanya dalam agenda ekspedisi merah putih di Kawah Ijen tersebut, ada tim pembuat video yang selanjutnya sebagai video pariwisata.

Bupati Amin Said Husni mengatakan, kegiatan HUT Kemerdekaan RI dengan membentangkan bendera di Kawah Ijen adalah ide kreatif. Pihaknya mengapresiasi langkah Polres Bondowoso selaku inisiator kegiatan ini. “Ini adalah cara kreatif, sebab ada misi meningkatkan nasionalisme dan ada misi memperkenalkan dan meningkatkan kunjungan wisata di Bondowoso,” terangnya.

Amin menjelaskan, kegiatan yang bisa menumbuhkan patriotisme dan rasa nasionalisme, perlu terus ditingkatkan. Harapannya agar rasa cinta kepada tanah air terus bisa terpaut dalam sanubari masyarakat, mulai generasi muda sampai yang tua.

Sementara, Kepala Disparpora Harry Patriantono mengatakan, acara ini juga dalam rangka mempererat jalinan silaturrahmi antara Pemkab, TNI dan Polri. Yang lebih jauh adalah adanya gaung promosi pariwisata yang menjadi dampak kegiatan ekspedisi merah putih di Kawah Ijen.

Pantauan Jawa Pos Radar Ijen, peserta dalam ekspedisi ini ada dari Polres Bondowoso, Kodim 0822, Yonif 514 Raider, Brimob Bondowoso, Satpol PP, Pramuka Saka Pariwisata dan tim dari Disparpora. “Untuk pramuka pariwisata, ini adalah kegiatan awal sekaligus launching keberadaan Pramuka Saka Pariwisata Bondowoso,” jelas Adi Sunaryadi, Kabid Pariwisata yang juga pembina Saka Pariwisata. (*)

Penulis dan Fotografer : Sholikhul Huda

Editor: Winardi Nawa Putra

IKLAN

Reporter :

Fotografer :

Editor :