PT KAI Sukses Kawal Obor Asian Games XVII

RADARJEMBER.ID-Kemeriahan menyambut api obor Asian Games 2018 benar-benar terasa di Situbondo. Sejak Sabtu (21/7) pagi, warga Kota Santri menunggu kedatangan rombongan kirab api obor. Untuk memberikan hiburan pada masyarakat, PT Kereta Api Indonesia (KAI) bersama Pemkab Situbondo menggelar serangkaian kegiatan.

Ada senam masal dilanjutkan jalan santai dengan rute melintasi jalan protokol Situbondo. Ada juga lomba mewarnai dan aneka game yang diikuti peserta dari siswa Sekolah Dasar (SD). Senam masal dan jalan sehat diikuti ribuan peserta. Selama menunggu api obor tiba, PT KAI juga memberikan hiburan musik di panggung utama depan kantor pos Situbondo.

Jalan sehat digelar pukul 06.00. Hadir dalam jalan sehat Bupati Situbondo Dadang Wigiarto, Wakil Bupati Yoyok Mulyadi, jajaran Forpimda, Vice President Public Relation PT KAI Agus Komarudin, Direktur SDM dan Umum PT KAI Ruli Adi, serta jajaran manajer PT KAI Daop IX Jember.

Pantauan Jawa Pos Radar sejak pagi, jalan utama sisi utara alun-alun Situbondo sudah dipadati lautan manusia. Suasana pagi kemarin dihangatkan dengan kegiatan senam masal. Sebelum ribuan masyarakat ini bergerak berjalan mengitari jalan kota, dilakukan pembacaan Selawat Nariyah untuk mengawali acara. Identitas Kota Santri tetap melekat dalam acara ini.

Antusias peserta sangat terlihat, termasuk ketika Direktur SDM dan Umum PT KAI R. Ruli Adi maju ke pentas untuk memberikan sambutan. Berkali-kali dia menyapa peserta dilanjutkan dengan kekagumannya pada acara ini.  ”Semangat pagi Situbondo. Baru kali ini saya datang ke Situbondo, ternyata luar biasa,” tegasnya menyapa peserta.

Ruli menyampaikan, Asian Games dengan semua pernak-pernik acara seperti torch relay perlu mendapat sambutan khusus.

Dia menegaskan KAI terlibat penuh mendukung sejumlah acara penyambutan obor Asian Games XVII. Tidak hanya menyukseskan kemeriahan. Namu KAI juga bertsanggung jaqwab memberikan informasi yang tepat kepada masyarakat terkait pesta olahraga ini. “Acara ini juga untuk edukasi dan informasi kepada masyarakat bahwa Asian Games ini anugerah untuk Indonesia, patut kita syukuri dengan semangat, “ucapnya.

Di internal KAI sendiri,  dukungan terhadap event multi negara  ini dilakukan seoptimal mungkin. Salah satunya  promosi menyosialisasikan semangat Asian Games di Stasiun Gambir di Jakarta dan Stasiun Kertapati di Palembang. Rangkaian kereta juga tidak luput, yakni 16  kereta eksekutif di rangkaian KA Argo Parahyangan dan KA Argo Wilis, dan 8 kereta pada rangkaian KA Limex untuk dipasang materi promosi dan branding Asian Games 2018.

Kemudian di seluruh stasiun juga disemarakkan dengan pemasangan umbu-umbul sosialisasi Asian Games 2018.  Promosi audio visual juga digarap dengan menayangkan video seputar Asian Games di televisi kereta api sehingga dapat memberikan informasi dan edukasi kepada pengguna jasa KA tentang serba-serbi Asian Games 2018. “Stasiun Palembang dan Jakarta,  kita branding.  Kita branding seluruh stasiun di Indonesia,” kata Ruli.

Bentuk dukungan tersebut juga  berupa konektifitas pelaksanaan Asian Games 2018, PT KAI juga menyiagakan delapan trainset yang masing-masing terdiri dari tiga kereta LRT di Palembang dan 30 perjalanan KA Argo Parahyangan relasi Stasiun Gambir-Stasiun.

Sementara itu, Bupati Dadang menegaskan, masyarakat harus mendukung penuh pelaksanaan Asian Games. “Olahraga yang berpresasti sering disebut pahlawan,” terangnya.

Situbondo sedikit banyak juga terlibat dalam pelaksanaan Asian Games kali ini. Sejak awal lokasi pasir purih sudah  menjadi training center sejumlah cabor. Untuk itu, segala jenis kegiatan yang berkaitan dengan hajatan olaharaga ini pasti akan membawa dampak. “Apapun yang dilakukan di Situbondo akan berpengaruh terhadap Asian Games,” katanya berapi-api.

Usai mengibarkan bendera start, Dadang bersama Ruli  langsung ikut berjalan menyusuri rute jalkan sehat. Menjelang garis finish, mereka menyempatkan melilhat stan-stan UMKM. Dadang juga mencicipi kopi yang disajikan para barista dari Jember mitra KAI Daops 9. (*)

IKLAN

Reporter :

Fotografer :

Editor :