Jumlah Bacaleg yang Didaftarkan Tidak Sampai 50

LUMAJANG – Beberapa partai politik (parpol) yang baru mengikuti pemilihan legislatif (pileg) tidak memaksimalkan jatah jumlah caleg dalam tiap daerah pemilihan (dapil) di Lumajang. Bakal calon legislatif (bacaleg) yang didaftarkan Partai Perindo, Partai Berkarya, dan PSI ke KPU Lumajang tidak sampai 50. Sedangkan Partai Garuda sampai pukul 20.00 belum mendaftarkan bacalegnya ke KPU Lumajang.

Partai Perindo menyerahkan 41 nama bacaleg, PSI hanya 20 bacaleg, dan Partai Berkarya 39 bacaleg. PBB hanya menyerahkan 14 bacaleg dan PKPI sampai pukul 20.00 belum menyerahkan daftar bacaleg ke KPU Lumajang.

Sedangkan partai lama, yaitu parpol peserta pemilu 2014 hampir semuanya memaksimalkan jatah bacalegnya yaitu 50. Rinciannya dapil 12 calon legislatif (caleg),  dapil 2 sebanyak 11 caleg, dapil 3  dengan 10 caleg, dapil 4 sebanyak 7 caleg, dan dapil 5 sebanyak 10 caleg. Antara lain Partai Hanura, Partai Nasdem, Partai Golkar, PKB, PDIP dan Partai Gerindra. Sedangkan partai lama lainnya PAN, Partai Demokrat, PPP sampai pukul 20.00 belum menyerahkan nama-nama bacalegnya. Kecuali PKS yang hanya menyerahkan 37 nama bacalegnya.

Sementara itu, untuk kuota perempuan dari masing-masing parpol yang sudah mendaftar ke KPU Lumajang sudah memenuhi semuanya. Bahkan, ada sejumlah parpol yang melebihi 30 persen. Antara lain Partai Golkar, PKB, PBB, dan Partai Berkarya. Partai lainnya rata-rata pas 30 persen kuota bacaleg perempuan.

Sementara itu, sebagai partai pemenang Pemilu 2014, PDI Perjuangan kemarin juga mendaftarkan bacalegnya. Rombongan PDIP tiba di kantor KPU tepat bakda Salat Magrib. Partai berlambang banteng ini optimistis tetap bisa menguasai DPRD Lumajang.

Pendaftaran PDIP masuk di urutan ke-9 di hari terakhir kemarin. Ada empat orang yang mendaftar. Tiga perempuan dan seorang laki-laki yang mengenakan warna kebanggaan warna merah. Saat pendaftar, parpol yang kini punya 10 kursi di parlemen itu tidak menyertakan petinggi parpol.

Rombongan yang tiba pukul 18.00 itu langsung disambut lima komisioner KPU Lumajang. Kemudian, berkas-berkas diserahkan dan diteliti KPU secara terbuka. Usai pendaftaran, KPU menegaskan bahwa pendaftarannya sudah memenuhi syarat.

Wasilatul Murodah, wakil ketua DPC PDIP Lumajang menjelaskan bahwa yang hadir pendaftaran kali dilakukan bersama Nanang Sundari dari pengurus DPC, Ernaning Suudiyah dari perwakilan bacaleg, dan Maria bagian administrasi. PDIP mendaftarkan sebanyak 32 bacaleg laki-laki dan 18 bacaleg perempuan. Kuota perempuan juga terlampaui menjadi 36 persen perempuan.

Partai Solidaritas Indonesia (PSI) menjadi parpol ketujuh yang mendaftarkan calegnya ke KPU Lumajang, hari ini. PSI bertekad mengajak generasi milenial untuk turun ke parlemen, bukan turun jalan berdemo.

Fahrul Hasan, ketua PSI Lumajang menerangkan bahwa pendaftarannya rampung pukul 17.00 dari awal masuk ke KPU Lumajang pukul 15.45. Memang sempat lama. Alasannya karena ada beberapa tambahan caleg yang mau gabung.

Ketua PSI yang akrab disapa Farhan ini mengungkapkan, sementara ini baru mendaftarkan 20 bacaleg dari PSI, yang rata-rata setiap dapil selalu ada bacaleg militan dari generasi milenial. Saat mendaftar, dia didampingi sejumlah pengurusnya. Di antaranya ada sekretarisnya, Bahrul Ulum, Wakil Sekretaris Zakiyatul Adabiyah, dan tiga orang bacaleg.

Ketua DPD Partai Berkarnya Lumajang Mawardi, tiba ke Kantor KPU sekitar pukul 18.10. Dia didampingi sekretarisnya, Zaenal Arifin, dan ditemui langsung oleh Komisioner KPU Lumajang. 39 nama yang disetor tersebut mewakili seluruh dapil di Lumajang. Masing-masing terdiri dari 24 calon laki-laki dan 15 calon perempuan. “Persentase calon perempuan kami 38,5 persen dari seluruh kader yang dicalonkan. Sudah mewakili 30 keterwakilan perempuan,” ucap Zaenal.

Pihaknya, menargetkan kemenangan satu kursi untuk satu satu dapil. Sehingga, diharapkan masing-masing dapil nantinya memiliki keterwakilan kursi DPRD dari partai yang baru besutan Tomi Soeharto itu.

Sementara itu, Partai Gerindra andalkan Bunda  Indah Amperawati efek dalam Pileg 2019. Gerindra menargetkan 12 kursi di DPRD Lumajang. Gerindra  menjadi parpol kesepuluh yang mendaftar ke KPU adalah Partai Gerindra sekitar pukul 20.00. Partai yang sukses memenangkan Pilkada ini bakal mengandalkan Bunda Indah Ampetawati efek untuk merebut kemenangan 12 kursi di parlemen.
Ir Indah Amperawati MSi, ketua DPC Gerindra yang tak lain adalah calon wakil bupati Lumajang terpilih menegaskan jika partainya memang serius untuk memenangkan pemilu. Gebrakannya tidak tanggung-tanggung. “Saya sadar momen kemenangan pilkada harus dimanfaatkan. Makanya saya datang ke sini menggunakan batik pilkada yang saya kenakan pilkada. Bahwa bunda efek itu sangat-sangat dirasakan,” ungkapnya setelah pendaftaran partainya dinyatakan lengkap memenuhi syarat. (fid/was/c2/aro)

IKLAN

Reporter :

Fotografer :

Editor :