Poli Rawat Jalan RSU Kaliwates Sekarang Bisa Daftar Online

Humas RSU Kaliwates Jember for Radar Jember MAKIN MUDAH PERIKSA KESEHATAN: Pasien tidak perlu antre untuk mendaftar ketika akan berobat. Kini RSU Kaliwates memberikan pendaftaran secara online melalui WhatsApp.

KALIWATES – Dalam rangka mendukung program pemerintah untuk meningkatkan derajat kesehatan masyarakat Indonesia, RSU Kaliwates sebagai salah satu unit usaha PT Rolas Nusantara Medika terus berupaya meningkatkan layanan dan pengembangan fasilitas kesehatannya. Salah satu layanan yang disiapkan adalah fasilitas rawat jalan.

Layanan rawat jalan adalah pelayanan medis kepada seorang pasien untuk tujuan pengamatan, diagnosis, pengobatan, rehabilitasi, dan pelayanan kesehatan lainnya tanpa mengharuskan pasien tersebut dirawat inap. Pasien tidak perlu mengeluarkan biaya untuk menginap atau opname.

Kepala RSU Kaliwates dr Niluh Hendrawanti mengatakan, unit pelaksanaan fungsional rawat jalan di RSU Kaliwates terdiri dari poliklinik umum dan poliklinik spesialis, serta instalasi gawat darurat. Oleh karena itu, tugas unit rawat jalan dalam memberikan pelayanan medik dan penunjang medik dilengkapi dengan pelayanan kesehatan terbaik yang memiliki contact personel cukup tinggi dan dapat memberikan kepuasan kepada pasien.

“Unit rawat jalan merupakan suatu institusi pelayanan kesehatan yang melakukan upaya kesehatan dengan pendekatan pemeliharaan, peningkatan kesehatan (promotif), pencegahan penyakit (preventif), penyembuhan penyakit (kuratif), dan pemulihan kesehatan (rehabilitatif),” jelasnya.

Indikator utama untuk mengetahui mutu pelayanan rumah sakit adalah kepuasan pasien. Menurut dr Niluh, pelayanan yang baik dari suatu rumah sakit akan membuktikan bahwa rumah sakit tersebut bermutu baik. Kepuasan pasien merupakan penilaian pasien setelah merasakan pelayanan rawat jalan yang diberikan oleh petugas kesehatan dibandingkan dengan harapan pasien. “RSU Kaliwates sangat memperhatikan tentang hal ini,” tegasnya.

Menurut Niluh, terdapat berbagai poli spesialis di RSU Kaliwates, seperti poli umum, poli gigi, poli anak, poli fisioterapi, poli obgyn, poli bedah, poli mata, poli THT, poli kulit dan kelamin, poli saraf, poli ortopedi, poli jantung, poli paru, poli gizi, poli urologi, dan poli penyakit dalam. Pihaknya juga memberikan pelayanan konsultasi gizi dan apotek.

Tidak kalah penting, lanjut Niluh, pasien tidak perlu antre untuk mendaftar ketika akan berobat. Kini, RSU Kaliwates memberikan pendaftaran secara daring (online) melalui WhatsApp. Pendaftaran ini dibuka mulai pukul 07.00 s.d. 14.00 di hari yang sama.

Adapun format pendaftaran daring, yaitu menyebutkan nama lengkap pasien, tanggal lahir, alamat, nomor rekam medis atau kartu kunjungan apabila pernah berobat di RSU Kaliwates, dan nomor kartu asuransi apabila menggunakan fasilitas asuransi. “Serta menuliskan poli tujuan. Mudah bukan mendaftar berobat di RSU Kaliwates?” kata dr Niluh.

Bila ada keluhan atau ingin bertanya seputar layanan Poli Spesialis RSU Kaliwates, silakan hubungi nomor kontak 0331-483309, dan apabila ingin mendaftar secara daring (online), silakan hubungi nomor 0821-4109-1945. Petugas RSU Kaliwates akan merespons dengan cepat, karena pasien adalah hal yang terpenting dan RSU Kaliwates akan memberikan pelayanan yang PRIMA kepada pasien. (kr/lin/c2/sh)