Pasien Katarak Dikunjungi Panglima Divisi Infanteri 2 Kostrad  Mayjen TNI Dr Marga Taufiq SH MH

Panglima Divisi Infanteri 2 Kostrad  Mayjen TNI Dr Marga Taufiq SH MH

JEMBER – Pasien duafa penderita katarak mendapat kunjungan khusus dari Panglima Divisi Infanteri 2 Kostrad  Mayjen TNI Dr Marga Taufiq SH MH, pekan lalu. Dalam kegiatan yang juga dibarengi dengan donor darah tersebut, Pangdiv didampingi Bupati dr Hj Faida, Dan-Brigif 9/Kostrad Kol Inf Roby Suryadi, Dandim 0824 Jember Letkol Inf Arif Munawar, dan Kasbrigif 9/Kostrad Letkol Inf Rudianto.

Panglima kelahiran Makassar itu memberikan apresiasi adanya sinergi antara TNI, Pemkab Jember, dan Rumah Sakit Bina Sehat Jember. Apalagi, kata dia, masyarakat dan TNI itu adalah keluarga besar. “Terselenggaranya kegiatan sosial ini pun, kata dia, juga sesuai dengan adat masyarakat Indonesia yang saling membantu.

“Ini kebiasaan yang sangat bagus, di mana para babinsa terjun langsung untuk mendata sekaligus screening masyarakat yang berada di daerah terpencil,” ujarnya.

Salah satu TNI yang sering membantu para pasien duafa, Sertu Suwito dari Koramil 22 Balung mengaku, tidak ada kendala yang berarti selama empat tahun aktif dalam mencari dan mendampingi pasien duafa. Baginya, bisa membantu para duafa adalah kebahagiaan tersendiri. “Selama ini alhamdulillah lancar. Justru, ada pasien yang sudah dioperasi katarak, mau dioperasi lagi untuk mata yang satunya,” tukasnya.

Sementara itu, dr Maria Ulfah MMRS, direktur RS Bina Sehat Jember menjelaskan, pasien yang dioperasi adalah yang telah melakukan proses screening (pemeriksaan awal), serta memiliki kadar gula darah dan tekanan darah yang normal. Bagi pasien yang sudah dioperasi, Ulfah mengingatkan agar memperhatikan beberapa hal. Misalnya, menghindari aktivitas berat, tidak mengucek-ngucek mata, dan menggunakan pelindung mata 2-3 hari pascaoperasi.

Ulfah juga menyampaikan terima kasih kepada seluruh pihak yang telah mendukung, di antaranya TNI, Pemkab Jember, PMI, dan seluruh relawan, sehingga kegiatan tersebut dapat berjalan dengan lancar dan tepat waktu. (RSBS/c2/sh)

IKLAN

Reporter :

Fotografer :

Editor :