Matangkan Peraturan Lomba Marching Band Tingkat Asia

Tri Basuki for Radar Jember KONFERENSI INTERNASIONAL: Tri Basuki berangkat ke Taipei, Taiwan, sebagai wakil dari Indonesia dalam Asian Marching Band Confederation (AMBC) Meeting.

JEMBER KOTA – Masih mewakili Asian Marching Band Confederation (AMBC), Indonesia kembali pasang nama di kancah marching band internasional. Vice President AMBC Tri Basuki bertolak ke Taipei, Taiwan, untuk mengikuti board meeting AMBC yang berlangsung mulai kemarin (13/7). Kemudian, dilanjutkan dengan penyelenggaraan tur Winter Guard International (WGI) Asia Taiwan Series.

Board meeting kali ini lebih menitikberatkan pada pemahaman peraturan lomba untuk seluruh event Asia, sekaligus pelatihan kepada seluruh juri dan pelatih marching band se-Asia. Tidak hanya diikuti oleh perwakilan dari Asia, kegiatan tersebut juga dihadiri oleh CEO WGI Amerika Serikat, Ron Nankervis.

Konfederasi ini baru dibentuk pada awal tahun ini, dan diresmikan melalui konferensi perdana tahun lalu. “Pembentukan federasi ini sengaja dilaksanakan karena setiap negara, khususnya di Asia Pasifik, memiliki kegiatan kompetisi marching band tingkat internasional yang rutin diselenggarakan setiap tahunnya,” ujar Tri.

Tri yang hadir sebagai salah satu wakil dari Indonesia menuturkan, Indonesia yang diwakili oleh Jember Marching Band menjadi anggota dari Asian Marching Band Confederaton, organisasi marching band di Asia yang terdiri dari beberapa negara. Selain Indonesia, negara-negara yang tergabung di AMBC antara lain Thailand, Tiongkok, Malaysia, Filipina, Taiwan, Hongkong, Jepang, Korea Selatan, dan Singapura.

Salah satu tujuan yang ingin diraih dengan pembentukan federasi tersebut adalah untuk menciptakan perlombaan marching band dengan kualitas internasional yang bisa diikuti seluruh peserta marching band di berbagai negara. “Berkaca dari penyelenggaraan Jember Open Marching Competition, kami berharap bisa memberikan sumbangsih bagi kemajuan marching band dunia,” tegasnya.

Sebelum ini, AMBC juga menghadirkan nama Jember dalam penandatanganan kerja sama dengan Color Guard Nederland (CGN) terkait dengan penyelenggaraan kompetisi marching band di Eropa. Ini kali pertama kerja sama tersebut digagas oleh kedua belah pihak.

Dirinya memandang Eindhoven sebagai salah satu daerah dengan unit marching band terkemuka di dunia. Terbukti dengan suksesnya penyelenggaraan kompetisi marching band yang serupa dengan kompetisi WGI. (lin/c2/hdi)

IKLAN

Reporter :

Fotografer :

Editor :