PDAM Uji Publik Penerima 1.000 Hibah SR

PDAM FOR RADAR JEMBER TERBUKA: PDAM Jember mengumumkan terbukanya 1.000 penerima hibah gratis pemasangan sambungan rumah (SR) di kantor-kantor desa dan kelurahan di Jember. 

JEMBER KOTA – PDAM melakukan uji publik terhadap 1.000 masyarakat berpenghasilan rendah (MBR) penerima hibah air minum gratis pemasangan sambungan rumah (SR) di kantor-kantor desa dan kelurahan di Jember. Daftar nama-nama penerima hibah gratis SR PDAM yang bersumber dari APBN tersebut juga diumumkan terbuka di laman web PDAM Jember. Sehingga, masyarakat bisa meneliti secara langsung para penerima hibah gratis.

Direktur Utama PDAM Jember Ady Setiawan menjelaskan, uji publik sudah dilakukan dan akan berakhir 17 Juli. “Kalau ada yang memberikan masukan atau komplain terhadap nama-nama penerima hibah SR PDAM, silakan sampaikan kepada kami,” kata Edy Setiawan kepada Jawa Pos Radar Jember.

Dia menjelaskan, sejatinya daftar nama penerima hibah berasal dari Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR). “Yang melakukan survei dari kementerian PUPR. PDAM hanya menerima data saja. Tetapi kami ingin tetap ada uji publik agar masyarakat ikut melakukan pengawasan terhadap program hibah gratis SR PDAM,” ujarnya.

Apalagi, sambungnya, sudah ada kriteria tersendiri penerima hibah gratis SR PDAM. “Antara lain daya listrik di bawah 1.300 watt. Rumah tidak tingkat. Tersedia saluran PDAM dan menjadi pelanggan PDAM,” imbuhnya.

Atas hibah SR gratis tersebut, manajemen PDAM Jember mengucapkan terima kasih kepada pemerintah daerah. “Kami, manajemen PDAM sangat berterima kasih kepada Ibu Bupati dr Faida MMR dan kepada DPRD Jember. Hibah gratis SR PDAM ini tentu akan sangat membantu masyarakat yang membutuhkan,” imbuh pria asal Kabupaten Grobogan, Jawa Tengah (Jateng) tersebut.

Pada tahun 2018, Kementerian PUPR melalui Direktorat Jenderal Cipta Karya dan Kementerian Keuangan menyiapkan alokasi sebesar Rp 800 miliar untuk program hibah air minum. Terbagi menjadi Rp 650 miliar untuk Program Hibah Air Minum Perkotaan bagi 215.000 SR dan Rp 150 miliar untuk Program Hibah Air Minum Perdesaan bagi 75.000 SR.

Jember mendapatkan program hibah air minum senilai Rp 2 miliar. Manajemen PDAM berharap program hibah air minum gratis untuk 1.000 SR berjalan lancar. “Kami harap semua perangkat seperti regulasi dan lainnya segera tuntas. Agar program segera berjalan dan segara dinikmati masyarakat,” ujarnya.

Sedangkan Rabu malam, digelar sidang paripurna penetapan Raperda Penyertaan Modal PDAM menjadi Perda di DPRD Jember. DPRD Jember memberikan persetujuan penyertaan modal untuk PDAM sebanyak Rp 7 miliar. (kl/aro/c2/hdi)

IKLAN

Reporter :

Fotografer :

Editor :