H -7 Coblosan; Polisi Bersenjata Kawal Surat Suara

KPU for Radar Jember
PENGAMANAN KETAT: proses distribusi logistik Pilkada kemarin dilakukan dengan mendapatkan pengawalan dari anggota Polres Jember.

RADARJEMBER.ID : Aparat keamanan tidak ingin kecolongan dalam pelaksanaan pilkada 2018 ini. Pengawalan ketat sudah terlihat saat distribusi surat suara dan logistik dari gudang KPU menuju ke PPK di setiap kecamatan pagi ini. Pengawalan dilakukan oleh pasukan bersenjata dari Polres Jember.

“Pengamanan distribusi ini kami lakukan mulai gudang sampai ke PPK. Itu dilakukan pengawalan depan belakang dengan petugas bersenjata,” tegas Kapolres Jember AKBP Kusworo Wibowo saat melihat langsung proses distribusi surat suara dan logistik dari gudang KPU ke PPK tadi pagi. Dia mengatakan untuk pengawalan ini setiap hari ada 50 personel yang disiagakan untuk mengawal distribusi surat suara.

Sehingga logistik bisa sampai ke PPK dengan baik tanpa ada kekurangan dan kelebihan. Pengawalan ini dilakukan untuk melihat bahwa tidak ada kecurangan hingga praktik pembocoran surat suara oleh pihak-pihak tidak bertanggung jawab dalam proses penyebarannya. “Aparat melakukan pengawalan distribusi ini hingga nanti tanggal 25 Juni sampai ke tingkat bawah,” jelasnya.

Bukan hanya di tingkat PPK, namun nantinya Kapolsek di tiap kecamatan akan ikut pam melekat di PPK akan menerjunkan personilnya hingga pendistribusian ke TPS. Nantinya ada 2-3 anggota yang menjaga di setiap PPS di desa. “Semua anggota bertugas 24 jam dan bersenjata,” tegasnya. Semua itu dilakukan agar penyelenggaraan pilkada ini benar-benar bisa terlaksana tanpa ada kecurangan.

Sementara itu, terkait dengan kerawanan pilkada gubernur di Jember, Kusworo sejauh ini belum melihat potensi itu. ” Kita tidak underestimate mana daerah rawan, tetapi kita sudah antisipasi,” tutur Kusworo. Pihaknya tetap berupaya melakukan pengamanan sebaik-baiknya dengan melihat deteksi dini kerawanannya dengan sejumlah langkah antisipasinya.

Reporter : Rangga Mahardika
Editor: MS Rasyid

IKLAN

Reporter :

Fotografer :

Editor :