Gubernur Dulu, Baru Bupati

KPU for Radar Ijen
NGEBUT: Logistik pilbub dan pilgub mulai didistribusikan KPU ke PPK. KPU melibatkan jasa Pos Indonesia.

Logistik Pilkada Mulai Didistribusikan
RADARJEMBER.ID: KPUD Bondowoso mulai mendistribusikan logistik pemilu. Logistik itu berupa kotak suara, kertas suara dan alat coblos. Awal kali yang didistribusikan adalah logistik pemilihan gubernur (Pilgub), baru berikutnya untuk pemilihan bupati (pilbub).

Divisi Keuangan, Umum dan Logistik KPU Bondowoso Amiruddin Makruf mengatakan, pihaknya melibatkan PT Pos Indonesia dalam distribusi tersebut. PT Pos menjadi pihak penyedia jasa. Rutenya dari gudang KPU di depan SMPN 5 Kembang, didistribusikan ke 23 PPK. “Membutuhkan empat hari untuk distribusi,” tegasnya.

Dijelaskan, pengiriman logistik tahap awal adalah untuk pemilihan gubernur. Hal ini dilakukan karena memang harus ada perbedaan. Agar mempermudah manajemen dan pengawasan. Sehingga waktu empat hari yang dijadwalkan, dibagi masing-masing dua hari. “Dikirim dan disimpan di gudang PPK yang diletakkan di kantor kecamatan,” ujarnya.

Sementara Ketua KPU Hairul Anam mengatakan, dalam hal pengamanan pihaknya telah berkoordinasi dengan Polres Bondowoso. Bahkan telah melakukan simulasi pengamanan TPS beserta pengiriman logistik. “Kapolres telah mengintuksikan kepada Polsek untuk mengamankan logistik setibanya di PPK,” tegasnya.

Hingga saat ini, Pilkada sudah kurang tujuh hari lagi. KPU beserta jajarannya telah menyiapkan berbagai hal untuk pencoblosan. Selain pengiriman logistik, KPU saat ini mempersiapkan operator situng di masing-masing kecamatan. Sehingga setelah pencoblosan nanti, hasilnya langsung bisa diketahui dengan cepat dengan aplikasi Situng yang di masing-masing kecamatan ada dua operator khusus. Mereka selama ini telah dilatih secara khusus untuk mengupload hasil pemilihan. (*)

Reporter: Sholikul Huda
Editor: MS Rasyid

IKLAN

Reporter :

Fotografer :

Editor :