Tersisa Koran Bekas di Bekas Tempat Salat Id

JEMBER- Pemandangan tak sedap, selalu terlihat diusai Salat Idul Fitri, Jumat (15/6) pagi. Koran-koran bekas tercecer di bekas tempat Salat Id dadakan. Biasanya, ada di jalan raya sekitaran masjid.

Pantauan reporter radarjember.id, ceceran koran bekas ada di pelataran hingga jalan raya sekitar Masjid Jamik Al Baitul Amin Jember. Sampai-sampai, seperti jadi tempat sampah bekas koran terbesar di Kabupaten Jember.

Saat dikonfirmasi melalui sambungan telepon selulernya, Kepala Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Jember,  Arismaya, mengakui kebiasaan buruk masyarakat itu sudah terjadi sejak lama. Ironisnya, sampai sekarang masih ada. “Patut kami sayangkan,” sindirnya.

Supaya kotoran itu tak berlarut, DLH langsung menerjunkan petugas kebersihan. Mereka, ditugasi langsung menyapu dan mengangkut sampah koran bekas ke TPA Pakusari. Ternyata, di sejumlah kecamatan pinggiran juga hampir sama.

Pantauan di Masjid Jamik Tanggul, jamaah Salat Id sampai membludak di jalan raya hingga trotoar Alun-alun. Koran bekas, sengaja dibawa untuk alas di bawah sajadah. Tentu, supaya sajadahnya tak kotor.

Namun yang disayangkan, usai salat koran bekas dibiarkan di tempat. Sehingga lingkungan pun dibuat kotor.

Fotografer : DLH Jember

Reporter    : Rully Efendi

Editor         : Winardi Nawa Putra

IKLAN

Reporter :

Fotografer :

Editor :