Bekali Mahasiswa Bidikmisi dan CSR dengan Pelatihan Soft Skill

Dalam rangka memenuhi kebutuhan mahasiswa penerima beasiswa CSR dan Bidikmisi akan softskill yang dibutuhkan dalam memasuki dunia kerja, serta demi meningkatkan kualitas akademik mahasiswa, UPBJJ-UT Jember secara berkala membekali mahasiswa dengan berbagai pelatihan. Pada medio pertama tahun 2018, ada 7 kegiatan pelatihan mahasiswa bidikmisi dan CSR. Pelatihan tak hanya dilaksanakan di Jember, namun juga di seluruh kelompok belajar (pokjar) yang tersebar di wilayah kerja UPBJJ UT Jember.
Pelatihan kepemimpinan diberikan untuk mahasiswa bidikmisi Program Studi S1 Ilmu Pemerintahan sebagai bagian dari usaha UPBJJ-UT Jember untuk membentuk sikap dan mental kepribadian mahasiswa agar mampu menjadi seorang pemimpin yang unggul di lingkungan kerjanya. Di dalam kegiatan pelatihan kepemimpinan ini juga membuka dialog interaktif antara mahasiswa dan trainer sehingga terlihat adanya komunikasi responsif dari mahasiswa beasiswa bidikmisi di UT Jember yang dapat menghidupkan suasana acara pelatihan. Di samping itu juga mengajarkan tentang real leadership, coaching and counselling, serta cara membaca wajah dan membaca sifat seseorang.
Pelatihan digital marketing dan pemasaran berbasis internet diberikan untuk mahasiswa bidikmisi Program Studi S1 Ekonomi Pembangunan, Akuntansi, dan Manajemen dilaksanakan di Aula Kantor PCNU Kraksaan Kabupaten Probolinggo. Prof Dr Mohammad Imam Farisi MPd, kepala UPBJJ-UT Jember menyambut baik inisiasi pelatihan ini. “Melalui pelatihan digital marketing ini, mahasiswa UT juga bisa berwirausaha dengan memanfaatkan media online sesuai dengan bidang ilmu yang sudah dipelajari di UT,” tegasnya.
Tak hanya itu, UT Jember juga menggelar sejumlah pelatihan publik speaking baik bagi mahasiswa bidikmisi program studi S1 Ilmu Komunikasi, Akuntansi, Sastra Inggris, Administrasi Negara dan Ilmu Komunikasi. Selain itu, pelatihan juga diikuti oleh mahasiswa penerima beasiswa CSR program studi Ilmu Komunikasi dan Akuntansi angkatan tahun 2016. Pelatihan ini sengaja digagas untuk memberi pengertian tentang publik speaking serta memberi contoh-contoh berbicara yang efektif kepada para peserta. Pelatihan dilaksanakan di Aula SMP Plus Cordova Karangdoro, Tegalsari, Banyuwangi dengan diikuti mahasiswa UPBJJ-UT di wilayah Banyuwangi.


Bagi mahasiswa bidikmisi program studi S1 Manajemen pokjar Ponpes Mabadi’ul Ihsan Karangdoro, Banyuwangi yang berminat dalam karya tulis ilmiah, UPBJJ-UT Jember juga membekali mereka dengan Pelatihan Karya Tulis. Pelatihan ini juga diikuti oleh semua mahasiswa yang tinggal di pondok pesantren tersebut. Bukan sekadar dihadapkan pada sebuah teori, mahasiswa juga diwajibkan praktek langsung membuat sebuah karya tulis saat itu juga. Tercatat sekitar sembilan judul tulisan terkumpul pada akhir sesi, dengan beragam tema mulai dari budaya osing, wisata kuliner, produk atau hasil dan permainan tradisional.
Universitas Terbuka sebagai Perguruan Tinggi Negeri (PTN) yang menerapkan sistem pembelajaran terbuka dan jarak jauh, terus mengembangkan upaya-upaya dalam rangka meningkatkan kompetensi dan kualutas mahasiswa. Kompetensi tersebut tidak hanya pada bidang akademik, namun juga pada bidang non akademik. Hal ini dilakukan dengan tujuan agar mahasiswa memiliki pengetahuan dan keterampilan yang akan menunjang keilmuannya dalam berkarya di masyarakat.

Reporter : Lintang Anis Bena Kinanti

Reporter :

Fotografer :

Editor :