Pidato Jokowi soal Kalajengking, Rocky Gerung: Diternak Presiden Saja!

RADARJEMBER.ID: Video pidato Joko Widodo (Jokowi) kembali viral di jejaring media sosial. Dalam rekaman, mantan Gubernur DKI Jakarta itu menyampaikan komoditas yang paling mahal di dunia bukanlah emas, melainkan racun kalajengking.
Pernyataan itu sontak menuai reaksi dari berbagai elemen masyarakat, tak terkecuali mantan Dosen Filsafat Universitas Indonesia, Rocky Gerung. Dia mengatakan, ternak kalajengking sangatlah berbahaya.
Rocky juga menilai ternak kalajengking tak layak diternak oleh masyarakat umum. Sebab, hewan yang merupakan ikon zodiak Scorpio itu merupakan hewan yang seharusnya hidup bebas di alam.
“Kalau si kalajengking mau diternakkan, enggak ada soal. Masalahnya kalajengking enggak mau diternak,” kata Rocky usai menghadiri acara seminar yang diselenggarakan oleh PKS di Hotel Aston, Jakarta, Rabu (2/5).
“Kalajengking kan hidup beradaptasi langsung dengan alam. Jadi, dia enggak cocok buat diternakin,” imbuhnya.
Atas dasar itu, Rocky menyarankan, Presiden Joko Widodo (Jokowi) saja yang membuat peternakan kalajengking itu. “Diternak Presiden aja,” lanjutnya.
Diketahui, video pidato yang beredar di media sosial itu dilontarkan pada saat Jokowi menghadiri acara Musyawarah Rencana Pembangunan Nasional (Musrembangnas) dalam penyusunan Rencana Kerja Pemerintah (RKP) 2019, di Hotel Grand Sahid Jaya, Jakarta, Senin (30/4) lalu.
Dalam pidato itu, Jokowi mempertanyakan komoditas yang paling mahal di dunia. Sang presiden pun dengan tegas menjawab racun kalajengking.
Bahkan, mantan Wali Kota Surakarta itu mempunyai perhitungan harga racun kalajengking mencapai senilai USD 10,5 juta per liter, atau sekitar Rp 142,8 miliar (kurs 13.600).
Jokowi pun menyarankan kepada para kepala daerah yang hadir untuk mengumpulkan racun kalajengking daripada melakukan praktik korupsi.
(ce1/aim/JPC/ras)