RRI Jember Eksplorasi Kesenian Lokal

Konsep Pertunjukan Akbar Bareng Pemkab Jember

JEMBER KOTA – Terus berkomitmen menjaga kelestarian budaya Indonesia yang ada di Jember, Lembaga Penyiaraan Publik (LPP) RRI Jember siap menggelar pertunjukan seni bertajuk: Mozaik Budaya Tapal Kuda, di depan Kantor Pemkab Jember, Jumat (4/5) ini. Supaya lebih spektakuler, LPP RRI Jember menggandeng Direktorat LPU LPP RRI dan Pemkab Jember.

Kepala LPP RRI Jember Muhammad Fauzan memastikan, ada yang beda dalam pergelaran seni dan budaya RRI Jember, tahun ini. Sebab, acara ini dikemas dengan melibatkan penampilan beragam kesenian dan budaya lokal khas wilayah Tapal Kuda. Tentu lebih komplet dan berbobot.

Seperti Musik Patrol, Tari Lambako, Keseniaan Can Macanan Kadhuk, Kentrung, Campur Sari, Tari Gandrung, dan Kesenian Banjar Madihin. “Gebyar puncak acara juga diisi penampilan Wandra dan Vita Alvia,” kata Fauzan.

Bukan hanya itu. Beragam produk lokal unggulan binaan Pemkab Jember juga akan digandeng LPP RRI Jember. Tujuannya, supaya ikut terpromosikan seiring dengan gerak eksplorasi potensi keseniaan dan budaya dari sejumlah daerah, seperti Kabupaten Jember, Lumajang, Banyuwanggi, Situbondo, dan Bondowoso. “Ini menjadi salah satu peran RRI dalam mengangkat keseniaan serta budaya lokal melalui program siaran, agar dapat terus dikenal masyarakat,” jelasnya.

Dia berharap, masyarakat Jember datang ke acara yang digelar di sekitaran Alun-Alun Jember itu. Tentu, supaya kenal dengan kekayaan seni budaya Tapal Kuda, yang mungkin, sebelumnya belum pernah ditonton. Terlebih, tontonan menarik dan berkualitas ini gratis.

Masih kata Fauzan, apa pun yang selama ini dilakukan RRI Jember, hasilnya tidak akan optimal tanpa dukungan masyarakat Jember. Oleh karena itu, momentum pertunjukan kesenian akbar di Jumat malam pekan ini, bisa menjadi titik kejayaan kesenian lokal Tapal Kuda. “Kami bangga, karena Bupati Jember ikut mendukung total kegiatan yang kita gagas ini,” katanya. Meskipun, sumber pendanaan ditanggung secara mandiri, tanpa sponsor.

Mantan Kepala LPP RRI Atambua itu pun menegaskan, pihaknya akan terus bersinergi dengan pihak mana pun dalam melayani akses informasi bagi masyarakat maupun Pemkab Jember. Terlebih, saat Presiden Joko Widodo melakukan kunjungan kerja ke Jember, beberapa waktu lalu, menegaskan Jember sebagai kota karnaval nasional, bahkan internasional. “Menandakan Jember kabupaten kaya potensi kesenian dan budaya,” terangnya.

Membanggakan, sebab Gelar Budaya RRI Jember ini, rupanya mendapat apresiasi dari Direktur Utama LPP RRI Mohhamad Rohanudin. Bahkan, melalui siaran RRI Net, orang nomor 1 di LPP RRI itu terang-terangan menyampaikan dukungannya. Dia pun mengajak semua kolega datang ke Jember.

“Jangan lupa, hadir, nikmati acara yang tentunya itu menjadi ruang yang terbaik bagi masyarakat Jember dan sekitarnya itu. Tujuan Gelar Budaya RRI itu untuk membangun koherensi bangsa, mempersatukan bangsa, Salam dari Jakarta,” tutur pria kelahiran Sumenep tersebut. (kl/rul/mgc/hdi)

IKLAN

Reporter :

Fotografer :

Editor :