Soal UNKP Dikawal Ketat Polisi

RADARJEMBER.ID: Menjelang pelaksanaan ujian nasional tingkat SMP dan sederajat pada Senin hingga Kamis (23-26/4) mendatang, soal ujian nasional siap untuk didistribusikan ke sekolah-sekolah penyelenggara. Soal-soal Ujian Nasional Berbasis Kertas dan Pensil (UNKP) SMP sudah mulai didistribusikan ke dinas pendidikan berbagai daerah, hingga tadi siang (20/4).
Sabtu (21/4), setelah disimpan di ruang penyimpanan Dinas Pendidikan Kabupaten Jember, soal-soal tersebut akan dikirim ke polsek-polsek setempat dengan pengawalan ketat. Bahkan, sejak tiba di ruang penyimpanan, tempat tersebut tidak lepas dari penjagaan polisi setempat.
Kabid SMP Dinas Pendidikan Kabupaten Jember, Dhebora Krisnowati mengatakan, soal-soal tersebut akan dikirimkan ke kantor polsek tiap-tiap kecamatan, sebelum akhirnya diambil oleh sekolah penyelenggara UNKP.
Terdapat 15.442 peserta UNKP dari 250 SMP dan SMPT yang akan mengikuti ujian nasional berbasis pensil dan kertas. Sedangkan 20.875 siswa dari 300 SMP, SMPT, dan MTs akan mengikuti ujian nasional berbasis komputer (UNBK).
Total peserta ujian nasional tahun ini sebanyak 36.317 siswa dari 550 SMP, SMPT, dan MTs. “Seluruh MTs diwajibkan menggelar UNBK karena instruksi dari Kementerian Agama,” imbuh Dhebora.
Reporter: Lintang Anis
Editor: MS Rasyid