Ayo Rek, Tanam Trembesi di TPA Pakusari

RADARJEMBER.ID: Dinas Lingkungan Hidup Kabupaten Jember bakal menggelar acara tanam pohon trembesi di tempat pembungan akhir (TPA) Pakusari. Acara ini rencananya akan digelar hari Ahad, 22 April 2018 mendatang.

Acara ini digelar dalam rangka memperingati hari bumi yang jatuh tiap tanggal 22 April. Tanggal 22 April setiap tahun memang diperingati di seluruh dunia sebagai Hari Bumi atau Earth Day. Sejarah mencatat, peringatan Hari Bumi (Earth Day) diselenggarakan pertama kali pada 22 April 1970 di Amerika Serikat. Penggagasnya adalah Gaylord Nelson, seorang senator Amerika Serikat dari Wisconsin yang juga pengajar lingkungan hidup.

Rencananya, acara tanam pohon trembesi ini akan dimulai pukul 08.00. Ada 1.000 pohon bibit trembesi yang sudah disiapkan panitia.

Mengapa dipilih trembesi? Pohon ini memang dikenal sangat baik dalam menyerap polutan khususnya karbondioksida. Pohon Trembesi (Albizia saman sinonim Samanea saman) memiliki ciri tajuknya yang lebar dan daunnya yang lebat ditambah dengan jaringan akarnya yang luas sehingga mampu menyerap air dengan maksimal. Satu batang Pohon Trembesi mampu menyerap 28.442 kg karbondioksida (CO2) setiap tahunnya., berdasarkan penelitian oleh Dr. Ir. Endes N. Dahlan, Dosen Fakultas Kehutanan Institut Pertanian Bogor.

Bandingkan dengan — bambu yang menyerap karbondioksida 12 ton per tahun atau beringin yang “hanya” menyerap 500 kg karbondioksida per tahunnya. Trembesi memiliki sistem perakaran yang mampu bersimbiosis dengan bakteri Rhizobium untuk mengikat nitrogen dari udara. Trembesi bisa hidup di lahan-lahan arjinal, juga lahan-lahan kritis, seperti bekas tambang, bahkan mampu bertahan pada keasaman tanah yang tinggi, juga tahan kekeringan, serta tahan genangan.

Nah, tunggu apalagi? Ayo menebar manfaat dengan ikut aksi tanam pohon trembesi di TPA Pakusari. (ras)

IKLAN

Reporter :

Fotografer :

Editor :