Sudah 12 Tahun Tak Ada Perbaikan

DWI SISWANTO/RADARJEMBER
TINGGAL KERANGKA: Atap bagian belakang rumah dinas Wabup Jember di Jl Gajah Mada Jember yang ambrol Senin (16/4) sore tadi.

RADARJEMBER.ID: Kok bisa ya atap rumah dinas orang nomor dua di Jember ambrol? Tentu saja kejadian itu cukup mengagetkan. Sebab, ini juga menyangkut keselamatan tokoh penting.

Wabup Jember KH Abdul Muqit Arief sehari-hari bermukim di rumah dinas itu. Tak sendiri, keluarganya juga tinggal di sana. Selain itu, di rumah dinas itu juga ada beberapa staf yang biasa standby. Karea itulah, ambrolnya atap bagian belakang rumah dinas itu mesti menjadi perhatian serius.

Tim RADARJEMBER.ID mencoba menelisik. Sumber terpercaya menyebutkan, sejauh ini rumah dinas itu memang minim perawatan. Di bagian yang ambrol itu kayunya sudah mulai keropos. Kabarnya, sudah 12 tahun tak ada perbaikan.

Wabup Muqit sendiri sebenarnya sudah merasa khawatir dengan kondisi sebelum ambrol. Ruangan tersebut bocor. Dia lantas memberitahu Bagian Umum Pemkab Jember.

Memang, sudah ada alokasi anggaran perbaikan di rumah dinas tersebut. “Tahun anggaran 2018 udah dianggarkan, menunggu pengesahan APBD, tapi keburu ambrol,” lanjut sumber itu.

Sudah ada estimasi anggaran rehabilitasi. Jumlahnya sekitar Rp 200 jutaan. “Menurut info dari bagian umum dianggarkan sebesar Rp 200 juta,” tambah sumber itu.

Sementara, Bupati Jember dr Faida MMR ketika dikonfirmasi membenarkan kabar ambrolnya bagian belakang rumah dinas wakilnya itu. Hanya, dia mengaku belum bisa memberi keterangan lebih jauh. Dia juga mengaku belum bisa memberikan keterangan detil peristiwa karena masih belum ada laporan lebih lanjut dari tim yang ada di lapangan.

Reporter: Rully Efendi
Editor: MS Rasyid