Prediksi PS Tira vs Persebaya: Ujian Saat Pincang di Belakang

FOTO LIGA-INDONESIA.ID
BERAT: Persebaya Surabaya menghadapi laga berat kontra PS Tira tanpa diperkuat sejumlah pilar di lini belakang.

RADARJEMBER.ID : Persebaya Surabaya mendapat ujian tak ringan pada pekan keempat Liga 1 2018. Tim asuhan Angel Alfredo Vera itu harus bertandang ke markas PS Tira di Stadion Sultan Agung, Bantul, Jumat (13/4) sore WIB, dalam kondisi pincang di belakang. Tiga pilar lini pertahanan absen lantaran cedera.

Defender asal Brasil, Otavio Dutra, menepi sekitar dua pekan akibat cedera saat Persebaya kalah 1-2 dari Barito Putera pada pekan ketiga. Bek muda Rachmat Irianto bahkan harus memarkir kakinya selama tiga bulan setelah mengalami cedera patah tulang metatarsal, juga saat melawan Barito. Sementara itu, Fandry Imbiri juga belum pulih dari cedera.

Jelas, kondisi tersebut tidak ideal untuk menghadapi PS Tira di markasnya. Terlebih, PS Tira memiliki motivasi tinggi untuk mengobati luka setelah pada pekan ketiga kalah dari tuan rumah Persipura Jayapura.

Besar kemungkinan Alfredo Vera akan memainkan bek M Syaifudin dan diduetkan dengan rekrutan anyar Izaac Wanggai. Cukup rentan memang karena keduanya bukan pilihan utama di lini belakang. Terlebih, posisi asli Izaac Wanggai adalah gelandang.

Meski begitu, Bajul Ijo – julukan Persebaya, enggan menyerah sebelum bertanding. Mereka tetap menunjukkan optimisme tinggi lantaran termotivasi untuk menebus kekalahan di Gelora Bung Tomo saat menjamu Barito. Alfredo Vera pun berjanji tetap memainkan strategi ofensif untuk bisa meraih kemenangan.

Dalam latihan jelang laga nanti, Alfredo Vera fokus pada penyelesaian akhir. Sepertinya pelatih asal Argentina itu memegang prinsip bahwa pertahanan terbaik adalah menyerang. Memang, dalam tiga laga awal, lini penyerangan Bajul Ijo terbilang masih melempem.

“Untuk melawan PS Tira, kami fokus mengasah ketajaman,” beber Alfredo Vera.
Sementara itu, manajer Chairul Basalamah mengakui bahwa laga nanti tak akan mudah, terutama setelah lini belakang pincang. Meski begitu, dia menegaskan para pemain akan tampil habis-habisan demi meraih hasil terbaik.
“Tidak mudah bagi kami karena pilar utama di pertahanan absen. Mudah-mudahan bisa maksimal. Para pemain bertekad habis-habisan,” ucapnya.

Persebaya sendiri pada musim lalu pernah berlaga di Sultan Agung. Kala itu, mereka menghadapi PSIM Jogjakarta. Persebaya pulang dengan membawa satu poin. Memori itu yang akan coba diulangi meski lawan yang dihadapi berbeda.

Di satu sisi, PS Tira menatap laga ini dengan penuh percaya diri. Keberhasilan menahan imbang Persebaya di turnamen pramusim Piala Presiden 2018 menjadi modal untuk bisa meraih hasil lebih. Apalagi kali ini mereka bermain di kandang sendiri.

Pelatih PS Tira, Rudy Eka Priyambada, memang tak membantah bahwa Persebaya adalah tim yang solid dan kuat. Namun, dia mengaku sudah mengantongi strategi untuk meredam permainan Persebaya. Salah satu hal yang paling mendasar yang akan dilakukan anak asuhnya adalah mematikan agresivitas sayap Persebaya yang biasa ditempati Ferinando Pahabol maupun Osvaldo Haay. Selain itu, dua fullback yakni Abu Rizal Maulana dan Ruben Sanadi juga akan dijaga ketat.

Rudy Eka pun tetap meminta para pemainnya selalu fokus. Menurutnya, absennya sejumlah pilar di lini belakang Persebaya bukan sebuah keuntungan. Untuk itu, para pemainnya dituntut bekerja keras untuk bisa meredam Persebaya.
“Kami tidak ingin memikirkan lawan yang dikatakan pincang. Karena tentu saja penggantinya juga memiliki kualitas. Kami tak boleh lengah dan wajib tetap fokus,” sebut Rudy Eka.

Rudy Eka mengharapkan laga nanti menjadi titik balik kebangkitan timnya setelah pada pekan ketiga kalah dari Persipura. Dia ingin mengulang hasil positif pada pekan kedua saat menjamu Madura United. Kala itu, PS Tira mampu meraih kemenangan.

Layak dinanti hasil dari laga nanti. Apakah PS Tira mampu menjaga keangkeran Stadion Sultan Agung sejauh ini, atau Persebaya yang bisa menebus kekalahan di kandang dari Barito. Atau, hasil imbang akan kembali terjadi seperti pada pertemuan terakhir mereka di Piala Presiden 2018.

Perkiraan Susunan Pemain
PS Tira (4-3-3): Syahrul Fadil; Safri Al Irfandi, Kim Sang Min, Manahati Lestusen, Abduh Lestaluhu; Firmansyah, Ryan, Gustavo Lopez; Ahmad Nufiandani, Aleksandar Rakic, Wawan Febrianto
Pelatih: Rudy Eka Priyambada
Persebaya Surabaya (4-3-3): Miswar Saputra; Ruben Sanadi, Izaac Wanggai, M Syaifudin, Abu Rizal; Robertino Pugliara, Nelson Alom, Osvaldo Haay; Ferinando Pahabol, David da Silva, Fandi Eko
Pelatih: Angel Alfredo Vera
(epr/JPC/ras)

IKLAN

Reporter :

Fotografer :

Editor :