Hasil Lengkap Perempat Final Liga Europa 2017-2018

FOTO AFP
Pelatih Marseille, Rudi Garcia, merayakan kelolosan mereka ke semifinal Liga Europa bersama seluruh pemainnya. 

RADARJEMBER.ID: Kalah di laga pertama bukan berarti tidak punya peluang untuk lolos. Itulah yang dipahami benar oleh tim-tim perempat finalis Liga Europa musim ini saat akan menghadapi leg kedua pada Jumat (13/4) dini hari tadi. Status tuan rumah dimanfaatkan dengan maksimal untuk meraih kemenangan.

Dari 4 tuan rumah di leg kedua ini, praktis hanya CSKA Moscow saja yang gagal meraih kemenangan. Memang tidak kalah, karena CSKA mampu menahan imbang Arsenal dengan skor 2-2.

Kalah 1-4 di laga pertama di kandang Arsenal tak membuat tim Ibu Kota Rusia ini menyerah sebelum bertanding. Justru mereka tampil trengginas sejak awal pertandingan. CSKA bahkan mampu unggul 2-0 hingga menit 50 melalui Fedor Chalov dan Kiril Nababkin.

Namun, dalam 15 menit akhir laga, perlawanan mereka dibalas Arsenal dengan maksimal. The Gunners mampu membalas defisit dua gol dengan jumlah sama. Danny Welbeck dan Aaron Ramsey menjadi sosok yang membuat Arsenal lolos ke semifinal dengan agregat 6-3.

Perjuangan yang tak kenal lelah juga ditunjukkan klub Prancis, Marseille. Kalah 0-1 di kandang Leipzig, dibayar tuntas dengan gol yang berlipat ganda. Marseille menang 5-2 untuk lolos ke semifinal dengan agregat 5-3.

Mental Dimitri Payet dan kawan-kawan memang sangat teruji di laga ini. Bagaimana tidak, baru 2 menit babak pertama berjalan, gawang Marseille sudah kebobolan. Ini memberi tekanan tambahan bagi tuan rumah untuk bisa lolos.

Gol bunuh diri Stefan Ilsanker beberapa menit kemudian boleh jadi adalah titik balik perlawanan Marseille. Sebab, setelah gol itu, Marseille seperti tak tertahan untuk menggulung tim tamu yang tampil cukup percaya diri. Sempat kebobolan lagi di awal babak kedua, Marseille akhirnya mengakhiri laga dengan kemenangan 5-2.

Mental bertanding yang tak kalah kuat ditunjukkan Salzburg. Klub Austria itu harus mengawali laga dengan defisit 2 gol dari tim tamu, Lazio. Mereka kalah 2-4 di laga pertama dari tim Italia tersebut.

Setelah imbang 0-0 di babak pertama, Salzburg sempat tertekan saat Ciro Immobile mencetak gol pada menit 55. Namun, gol ini dibalas satu menit kemudian oleh Andreas Ulmer. Selanjutnya, Salzburg pun berturut-turut mencetak tiga gol tambahan hanya dalam rentang waktu 4 menit. Kemenangan 4-1 ini membuat Salzburg unggul agregat 6-5 dan berhak lolos ke semifinal.

Tim yang memang di laga kedua saat menjadi tuan rumah tapi gagal ke semifinal hanyalah Sporting Lisbon. Mereka menang 1-0 atas Atletico Madrid lewat Fredy Montero. Sayang, kemenangan ini tak mampu membawa mereka ke semifinal karena kalah agregat 1-2.
Keempat semifinalis Liga Europa ini akan melakukan pengundian untuk menentukan siapa yang menjadi lawan pada Jumat (13/4) petang nanti.

Hasil Leg Kedua Perempat Final Liga Europa
CSKA Moscow 2-2 Arsenal (agg: 3-6)
Marseille 5-2 Leipzig (agg: 5-3)
Salzburg 4-1 Lazio (agg: 6-5)
Sporting Lisbon 1-0 Atlético (agg: 1-2)
(adw/JPC/ras)