Mau Stiker Gratis atau Foto Mobil Viral? Parkir Saja Sembarangan!

RADARJEMBER.ID: Jika di Jakarta, salah parkir ban bisa dikempesin atau bahkan kena derek. Di Jember, lebih lunak. Jika nekat parkir di tempat yang salah di kawasan segitiga emas (Jl A Yani, Trunojoyo dan Sultan Agung), bakal dapat stiker gratis.

Stiker teguran berlogo Dishub dan Satlantas Polres Jember itu langsung dipasang di mobil. Dalam stiker tersebut, tertulis “Anda Salah Parkir”. “Sementara sifatnya peringatan. Tapi kedepan, akan ada tindakan tegas bersama Satlantas Polres Jember,” jelas Kepala Dinas Perhubungan Jember Isman Sutomo.

Dalam stiker tersebut juga tertulis pelanggaran seperti dalam Pasal 287 Ayat (1) Undang-undang Nomor 22 Tahun 2009 tentang LLAJ. “Aturannya pelanggar parkir, bisa dipidana paling lama 2 bulan atau didenda paling banyak Rp 500 ribu,” paparnya.

Namun maksud dari stiker peringatan yang ditempelkan petugas Dishub Jember tersebut, tak lain supaya pemiliknya malu dan memberi efek jera. Sehingga tidak mengulanginya lagi dan tentunya, saat parkirnya bisa tertib.

Menurut Isman, beberapa hari mencoba mensosialisasikan pada pengendara, rupanya banyak stiker yang terpasang. Artinya, di Jember masih banyak yang melanggar parkir di badan jalan. Padahal, rambu larangan parkir sudah terpasang.

Sekretaris Dishub Jember Gatot Triyono mempunyai cara lain supaya pemilik mobil yang salah parkir, bisa malu dan jera. Dia, memasang foto pelanggar parkir di akun facebook-nya, yang kemudian dia viralkan. “Setiap petugas dishub kami minta untuk memviralkan,” katanya.

Meski sekedar stiker, namun tidak menutup kemungkinan pihaknya bersama Satlantas Polres Jember bertindak tegas. “Dishub harus bersama satlantas, karena eksekutornya tetap polisi,” terangnya.

Reporter: Rully Efendi
Editor: MS Rasyid