Orang Tua Praktik di Gunung Sampan, Anak Positif HIV

RADARJEMBER.ID : Orang tua polah, anak kepradah. Balita penderita HIV di Bondowoso disebabkan tertular orang tuanya. Yang makin bikin miris, salah satu balita pengidap HIV/AIDS ternyata orang tuanya adalah seorang pekerja seks komersial. Dia membuka praktik di Gunung Sampan (GS), eks lokalisasi paling terkenal di Bondowoso.

Orang tua balita tersebut positif HIV/AIDS. Kondisi anaknya saat ini cukup memprihatinkan. Perhatian orang taunya juga sangat kurang. “Kami melakukan pendampingan dan penyadaran, penyadaran itu sangat sulit,” ujar ketua Yayasan Pemberdayaan Intensif Kesehatan Masyarakat (Yapikma) Sikin Soleha.

Perempuan yang setiap harinya menjadi petugas Promkes di Puskesmas Grujugan tersebut mengatakan, pengetahuan masyarakat terhadap HIV/AIDS sangat minim. Banyak kejadian memilukan yang ditemui Siwin Soleha. Pernah ada yang mengidap, dan dibuang oleh keluarganya.
Sampai akhirnya meninggal. Saat meninggal pun tidak ada keluarga yang mengurus. “Saat itu dirawat oleh RS Koesnadi,” ujarnya.

Pernah lagi ada jenazah yang mengidap HIV/AIDS, dan dibiarkan selama beberapa hari. Karena tidak ada yang bisa memandikan. Hal-hal itulah yang selama ini ditemuinya di lapangan. Sebab masih ada pemahaman yang hanya sepenggal saja yang diterima masyarakat tentang HIV/AIDS. “Memang ada perlakuan khusus untuk jenazah, namun untuk orang yang mengidap, penyakit HIV/AIDS ini adalah virus yang sulit menular, kecuali kontak seksual atau kontak darah langsung. Virus ini mati dalam beberapa detik di luar tubuh,” pungkasnya.

Reporter : Sholikhul Huda
Editor : MS Rasyid

IKLAN

Reporter :

Fotografer :

Editor :