Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Resmi Dibuka

RADARJEMBER.ID: Banyak jalur untuk bisa kuliah di perguruan tinggi negeri. Tak hanya lewat jalur Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SNMPTN). Calon mahasiswa jug8a bisa masuk lewat jalur Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SBMPTN). Jalur SBMPTN mulai hari ini (5/4) resmi dibuka. Dari Jalur ini, Universitas Jember bakal menerima 3.112 mahasiswa baru. Jumlah yang lebih banyak dari jalur SNMPTN, yakni 2.317 mahasiswa.

Pengumuman kelulusan SNMPTN akan dilakukan 17 April 2018 mendatang. Sedangkan penutupan pendaftaran jalur SBMPTN hingga 27 April 2018. Sehingga ada waktu sepuluh hari bagi calon mahasiswa yang tidak lolos jalur SNMPTN untuk ikut di jalur seleksi bersama.
Agung Purwanto, Kepala Humas dan Protokol Universitas Jember mengatakan, Unej membuka tempat konsultasi bagi mahasiswa yang hendak mendaftar SBMPTN. Yakni di gedung Pusat Kegiatan Mahasiswa. “Sejak dibuka, sudah ada beberapa siswa Jember yang datang,” katanya.

Pelaksanaan ujian SBMPTN tidak jauh berbeda dengan tahun sebelumnya. Yakni calon peserta bisa memilih akan mengikuti Ujian Tulis Berbasis Cetak (UTBC) atau Ujian Tulis Berbasis Komputer (UTBK). “Tahun ini panitia Pusat SBMPTN 2018 memperbanyak kuota peserta UTBK,” paparnya.
Hanya saja, pendaftaran ujian menggunakan UTBK baru bisa dimulai tanggal 18 April mendatang. Calon pendaftar yang ingin menempuh UTBC hendaknya segera mendaftar saat dibuka, terutama bagi lulusan tahun 2016 dan 2017. Karena mendekati akhir masa pendaftaran selalu ramai.

Reporter : Bagus Supriadi
Editor : MS Rasyid