Pecah Ban, Fuso Terguling

HANTAM POHON: Truk Fuso S 8592 UW sarat muatan pohon sengon yang pecah ban, menabrak pohon hingga terguling di depan SDN Gambirono 01, Bangsalsari (Jumai/Radar Jember)

Sebuah truk Fuso S 8592 UW yang penuh dengan muatan kayu sengon menabrak pohon akasia di jalan tanjakan Dusun Krajan B, Desa Gambirono, Bangsalsari Minggu pagi (25/3). Tak ada korban jiwa dalam peristiwa tersebut, karena saat truk menabrak pohon, sopir langsung berusaha keluar dari pintu.

Sumber Jawa Pos Radar Jember di lokasi, sebelum menabrak dan terguling di lokasi kejadian, truk berjalan dengan normal di tanjakan. Sekitar 20 meter sebelum menabrak, ban depan sebelah kiri tiba-tiba pecah. Karena muatan berat, truk tetap berjalan dan ban kiri terperosok di selokan.

Truk dengan muatan kayu sengon itu berhenti setelah menabrak pohon akasia di sebelah kiri jalan. Kerasnya benturan membuat bagian kabin depan truk remuk, sementara ban kiri juga hampir lepas.

Setelah ban depan terperosok ke selokan posisi truk miring, sehingga sebagian muatan kayu sengon tumpah ke halaman sekolah. Muatan kayu juga sebagian masuk ke ruang kopsis (koperasi sekolah) yang di dalamnya banyak buku perpustakaan dan etalase serta televisi.

‘’Di depan kopsis itu kalau pagi tempat anak-anak bermain sebelum bel masuk, alhamdulillah kejadiannya pas hari Minggu (libur, Red),’’ ujar Sadiyan, kepala SDN Gambirono 01, Bangsalsari kepada Jawa Pos Radar Jember, kemarin.

Kerasnya benturan membuat tembok ruang kopsis jebol dan sebagian gelondong kayu sengon masuk ke dalam ruangan. Bahkan etalase dari kaca, terdorong beberapa meter karena temboknya ambrol.

Selain ruang kopsis yang rusak parah, pagar besi juga roboh setelah bodi truk terguling ke pagar. Memang sering sekali terjadi laka tunggal di depan sekolah ini. Bahkan rambu lalin juga roboh ditabrak mobil.

Kecelakaan ini langsung ditangani Unit Lakalantas Polres Jember. Untuk mengevakuasi truk yang rusak parah seluruh muatan kayu sengon dipindah ke truk lain. Baru setelah kosong truk ditarik dengan menggunakan truk lain, selanjutnya barang bukti diamankan di Unit Laka Lantas Sumbersari.

Junaedi, 29, sopir truk mengaku dua hari sebelumnya mengalami hal yang sama. ”Ban juga dua kali pecah, rencananya muatan kayu sengon itu akan diangkut ke Bangsalsari,’’ pungkasnya.

(jr/jum/das/JPR)